Legislator dukung pemprov kembangkan perikanan di Danau Sadar dan Sanggu

id Dprd barsel, ideham, perikanan barsel, ikn, kaltim, buntok, danau sadar, sanggu, kalteng

Legislator dukung pemprov kembangkan perikanan di Danau Sadar dan Sanggu

Legislator Barito Selatan, Ideham. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Legislator Kabupaten Barito Selatan, Ideham mendukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang akan mengembangkan perikanan terintegrasi dengan pariwisata di Desa Danau Sadar dan Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan.

"Rencana pengembangan perikanan yang terintegrasi dengan pariwisata ini merupakan suatu terobosan dan inovasi yang cukup menarik, serta baru bagi daerah yang berada di DAS Barito," katanya di Buntok, Sabtu.

Apalagi lanjut dia, Desa Danau Sadar dan Sanggu merupakan dua wilayah penghasil perikanan dan tempat pariwisata yang cukup potensial untuk dikembangkan secara berkelanjutan.

Selain danau air tawar berarus tenang dan panorama alam yang memukau, kedua desa itu juga memiliki akses jalan beraspal dan berlokasi sangat strategis karena berada cukup dekat dengan pusat ibu kota kabupaten.

"Jadi ini akan lebih memudahkan, baik dari sisi pembangunan infrastruktur, maupun nanti di saat pemasaran hasil budi daya ikannya dan disamping itu sangat mudah didatangi pengunjung yang ingin berwisata," tutur politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan ini.

Ia mengatakan, selaku anggota DPRD Barsel, sangat mendukung program ini karena pasti memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat di daerah.

"Kami juga mendorong agar pemerintah kabupaten dan masyarakat setempat bersinergi dan berkolaborasi mendukung pemerintah provinsi mewujudkan pelaksanaan program tersebut secepatnya," jelasnya.

Apalagi saat ini Barsel merupakan salah satu wilayah yang dicanangkan menjadi daerah penyangga ibu kota negara (IKN) Indonesia yang berada Kalimantan Timur nantinya.

"Kita harus siap menghadapi IKN, masyarakat kita harus bisa menangkap peluang ini untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan yang berorientasi kepada ekonomi berkelanjutan," sarannya.

Ia juga mendorong agar pemerintah kabupaten bisa menarik minat masyarakat agar ikut menjadi bagian dari program ini, dengan tujuan membuka keran industri dan lapangan kerja.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021