Berikut produk unggulan Kabupaten Gunung Mas

id Gunung Mas, Kalimantan Tengah , Yansiterson,berita kalteng,gumas,Berikut calon produk unggulan Kabupaten Gunung Mas

Berikut produk unggulan Kabupaten Gunung Mas

Sekda Gumas Yansiterson (tengah) didampingi Asisten II Setda Gumas Richard (kiri) dan Kepala Bappedalitbang Gumas Yantrio Aulia saat memimpin rapat pembahasan produk unggulan daerah, di Aula Bappedalitbang setempat, Kamis (20/1/2022). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Yansiterson mengatakan bahwa pemerintah kabupaten setempat telah melaksanakan rapat  dengan agenda pembahasan produk unggulan daerah.

“Berdasarkan hasil rapat, ada tujuh calon produk unggulan Gumas yakni kelapa sawit, furnitur kayu, ekowisata, jagung hibrida, daging babi potong, karet, dan ayam petelur,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Dikatakan olehnya, awalnya Pemprov Kalteng dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) meminta kepada pemkab agar menyampaikan data produk unggulan daerah.

Gumas memang belum memiliki produk unggulan daerah yang ditetapkan dengan keputusan bupati. Oleh sebab itu, pemkab melaksanakan rapat pembahasan produk unggulan daerah di Kuala Kurun, Kamis (20/1) lalu.

Saat pelaksanaan rapat, tutur dia, dilakukan inventarisasi terhadap beberapa calon produk unggulan daerah, yang dilihat dari berbagai hal seperti potensi, daya jual, dan daya saing pasar.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas susun e-katalog lokal

Dia menyebut bahwa jika calon produk unggulan daerah ditetapkan sebagai produk unggulan daerah dengan keputusan bupati, maka pemerintah kabupaten akan fokus mengembangkan berbagai produk tersebut.

“Secara konsep, itu produk unggulan daerah yang akan kita perjuangkan agar pada waktunya nanti benar-benar menjadi produk unggulan daerah dengan berbagai intervensi, kebijakan, penganggaran, program, dan lainnya,” paparnya.

Menurut dia, akan percuma jika penetapan produk unggulan daerah ditetapkan namun tidak didukung dengan kebijakan pembinaan dan pengembangan selanjutnya, termasuk intervensi program kegiatan dan anggaran di perangkat daerah terkait.

Lebih lanjut, dia berharap nantinya produk unggulan Gumas bisa diterima di pasar lokal. Jika pasar lokal sudah dikuasai maka diharap produk unggulan Gumas bisa diterima di pasar luar.

“Ini perjuangan. Jika nantinya yang ditetapkan ada tujuh produk unggulan Gumas, maka kita harus fokus mengembangkan dan membina tujuh produk unggulan daerah tersebut,” demikian Yansiterson.

Baca juga: Legislator imbau orang tua tak ragu ikutkan anak vaksinasi

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan tetap hati-hati walau PTM terbatas berjalan lancar

Baca juga: Bupati Gumas: Partisipasi dalam program vaksinasi bantu pemulihan ekonomi