Meski pandemi, pasar mobil bekas tunjukkan pergerakan positif

id jual mobil bekas,mobil bekas,pandemi covid,CEO OLX Group Indonesia

Meski pandemi, pasar mobil bekas tunjukkan pergerakan positif

Pedagang melakukan perawatan pada mobil bekas yang dijualnya di bursa mobil bekas Mall Blok M, Jakarta, Jumat (6/11/2020). Berdasarkan survei yang digelar platform jual beli secara daring OLX Autos, dalam kurun tiga bulan setelah PSBB ketat, permintaan mobil bekas mengalami peningkatan sebanyak 15-20 persen yang didorong dari minat masyarakat terhadap penggunaan mobil pribadi pada masa pandemi. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Pasar mobil bekas di Tanah Air terus menunjukkan pergerakan ke arah positif meski masih dipengaruhi oleh pandemi COVID-19, bahkan diprediksi naik 2 hingga 3 persen pada tahun 2022, kata CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo.

"Ada banyak macam alasannya. Pertama, yang pasti, Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dari customer di Indonesia itu naik," kata Johnny saat acara virtual bersama media pada Selasa.

Alasan lainnya, lanjut Johnny, adalah pasokan mobil bekas yang terus meningkat serta ekspor dan impor mobil completely built-up (CBU) juga mulai pulih.

Adapun mobil-mobil yang tetap laku di tahun 2022, kata dia, di antaranya Honda CRV, Honda Jazz, Toyota Innova, Honda Brio, dan Toyota Avanza.

Dari sisi konsumen, Johnny memaparkan bahwa berdasarkan riset internal perusahaan, masih banyak orang yang ingin membeli mobil bekas, yakni sekitar 48 persen. Kemudian, 34 persen konsumen ingin meng-upgrade mobil mereka.

"Dan kebanyakan dari mereka, sekitar 70 persen, mereka sudah menetapkan anggaran untuk membeli mobil dan 70 persen juga mencari mobil melalui platform online," kata dia.

"Ini menarik. Seiring dengan berjalannya proses digitalisasi di lini bisnis termasuk otomotif, pergerakan orang untuk mencari produk itu sudah banyak yang melalui online selection," lanjutnya.

Johnny juga mengatakan bahwa dalam memilih mobil, konsumen saat ini cenderung sangat fleksibel sehingga tidak keberatan untuk beralih brand, asalkan masih sesuai anggaran dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, lanjut Johnny, konsumen juga sangat mempertimbangkan kondisi mobil. Sayangnya, kebanyakan dari mereka takut dibohongi terkait kualitas mobil bekas yang akan mereka beli.

Melihat hal tersebut, Johnny mengatakan OLX meluncurkan kampanye #PilihYangPasti untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap mobil bekas yang berkualitas dengan harga terbaik.

"Di OLX Autos, kalau beli mobil, ada garansi tujuh hari uang kembali, 30 hari garansi mesin, gratis biaya perawatan, dan pastinya sudah diinspeksi secara menyeluruh. Pilihan mobilnya ada 2.000," imbuh Johnny.

Johnny menambahkan, OLX juga akan mengadakan OLX Autos Spot di dua lokasi, yakni di Laguna Atrium Central Park Jakarta pada 16-20 Maret 2022 dan Mall Bintaro Exchange pada 23-27 Maret 2022.