Pemprov selalu beri kesempatan perempuan di Kalteng berkarir

id Pemprov kalteng, hari kartini, kartini masa kini, perempuan, perempuan hebat kalteng, wagub kalteng, edy pratowo, palang

Pemprov selalu beri kesempatan perempuan di Kalteng berkarir

Wagub Kalteng Edy Pratowo (tengah) bersama para perempuan penerima penghargaan dalam peringatan Hari Kartini, Palangka Raya, Kamis, (21/4/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan dan laki-laki untuk berkarir dan mengisi posisi-posisi strategis dalam pemerintahan.

"Selama ini pemprov berlaku adil memberi kesempatan sama bagi para perempuan yang mengabdikan diri sebagai ASN, untuk bersaing mengisi berbagai jabatan," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis.
 
Edy menegaskan, penerapan kesetaraan gender telah dilaksanakan dengan sangat baik di pemerintah provinsi dan hal ini bisa dilihat dari berbagai kegiatan kerja di setiap perangkat daerah.
 
"Banyak perempuan yang berhasil mengisi jabatan strategis di pemerintah provinsi, mulai dari kepala seksi, kepala bidang, sekretaris, bahkan hingga kepala perangkat daerah," tuturnya.
 
Beberapa jabatan kepala perangkat daerah yang diisi oleh perempuan, di antaranya Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aster Bonawaty, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sunarti, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Adiah Chandra, serta lainnya.
 
"Ini salah satu bentuk kepercayaan terhadap para perempuan Kalteng mampu menjadi pemimpin, dan tidak harus laki-laki," terangnya.
 
Hal yang sama juga bisa dilihat pada berbagai instansi pemerintahan maupun swasta, yakni perempuan-perempuan hebat yang memiliki kompetensi serta kemampuan, tentu akan dipercaya untuk menduduki jabatan penting.
 
Baca juga: Fasilitasi pekerja dapat THR, Disnakertrans Kalteng sediakan Posko Pengaduan
Kondisi ini juga sebagai bukti semangat Kartini masih terus menggema hingga saat ini, tak terkecuali di Kalteng. Meski sosok Kartini telah tiada, namun semangatnya masih terus ada dan diwariskan kepada para perempuan di masa kini.
 
Sementara itu pada puncak peringatan Hari Kartini 21 April 2022 di Kalteng, wakil gubernur memberikan penghargaan kepada para perempuan hebat dan berprestasi di berbagai bidang di seluruh kabupaten dan kota.
 
Edy mengatakan, kepada perempuan yang mendapat penghargaan, hal ini merupakan sebuah karya dan prestasi yang ditunjukkan kaum perempuan di berbagai bidang dan berperan aktif dalam pembangunan.
 
"Selamat kepada kaum perempuan, para Kartini yang ada seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng, terus berjuang. Sesuai pesan ibu Iriana Joko Widodo, tidak ada kata berhenti untuk selalu berkreasi, berprestasi dan berinovasi," ucapnya.

Baca juga: KI sebut layanan informasi Badan Publik Kalteng semakin membaik

Baca juga: Gelar Pangan Murah Kalteng jelang Lebaran sasar dua kabupaten