Bupati Barsel serahkan SK Pengangkatan ke 301 lulus seleksi CPNS

id Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri, Barito Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Barsel, Kalteng, SK Pengangkatan CPNS

Bupati Barsel serahkan SK Pengangkatan ke 301 lulus seleksi CPNS

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri bersama Sekda, Edy Purwanto dan Plt Kepala BKPSDM berfoto bersama dengan 301 orang CPNS yang mendapatkan SK pengangkatan, di Buntok, Senin sore (25/4/2022). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri menyerahkan langsung Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai PNS kepada 301 orang yang lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

"Saya mengucapkan selamat kepada 301 orang yang telah menerima SK pengangkatan sebagai CPNS ini," kata Eddy Raya Samsuri di Buntok, Senin sore.

Menurut dia, dengan adanya SK pengangkatan tersebut, menjadi awal karir memasuki gerbang sebagai abdi  negara sekaligus membaktikan diri sepenuhnya dalam melayani dan membangun kabupaten ini.

Selain itu, kehadiran CPNS formasi 2021 pada jabatan-jabatan administratif dan jabatan fungsional tertentu yang masih terdapat kekosongan diharapkan bisa mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat.

"Kehadiran PNS ini dapat meningkatkan kapasitas pada organisasi perangkat daerah dalam mencapai tujuan strategis nasional sebagai perwujudan nawacita dan grand design reformasi birokrasi 2010-2025," kata Eddy Raya.

Dia pun mengingatkan, agar dapat berkompetisi dalam percaturan nasional, dan global yang penuh berbagai tantangan, PNS dituntut harus mampu bergerak dinamis dan mengembangkan kemampuan, baik secara formal maupun informal melalui diklat-diklat teknis maupun diklat fungsional.

"Dengan begitu, akan mampu bertransformasi dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi terkait digitalisasi pada sektor pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Eddy Raya juga menyampaikan, ada hal yang harus diperhatikan sebagai modal utama dimiliki seorang PNS. Apabila dipegang teguh, maka Insya Allah akan menjadi pondasi yang kuat dalam mendukung karir.

"Modal utama yang harus dimiliki PNS itu profesionalisme yang bergantung pada beberapa komponen," kata dia.

Ia menjelaskan, komponen pertama yakni integritas moral, karena selaku abdi negara akan senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongannya yang harus dibingkai dengan nilai-nilai etik yaitu jujur, disiplin, loyal, dan adil.

Komponen kedua yakni kinerja, sebab kinerja dinilai dari output kerja yang harus konsisten pada level maksimal. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang mana berbagai aktifitas dibatasi.

"Seorang PNS harus mampu membuat inovasi baru. Mobilitas kerja boleh dibatasi ruang dan waktunya, akan tetapi kreatifitas harus selalu bergerak bebas tanpa batas yang bermuara pada keinginan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat luas," terangnya.

Baca juga: Bupati Barsel: Capaian program pembangunan tahun 2021 sesuai target

Sedangkan komponen ketiga yakni kompetensi, dan kompetensi merupakan gabungan dari pendidikan dan pelatihan sebagai hak seorang PNS, serta pengalaman yang didapat selama bekerja harus membuat PNS makin tajam dari hari ke hari.

"Dengan demikian, selain sebagai seorang pekerja, PNS juga akan senantiasa menjaga wibawa pemerintah Kabupaten Barito Selatan," kata dia.

Sementara Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Barito Selatan, Eko Hermansyah mengatakan sebanyak 301 orang yang menerima SK pengangkatan sebagai CPNS ini mereka yang lulus seleksi CPNS formasi 2021.

"Dari 3.693 pelamar yang mengikuti seleksi formasi 2021, yang lulus seleksi sebanyak 301 orang," bebernya.

Ia berharap kepada 301 orang yang lulus seleksi dan mendapatkan SK pengangkatan ini dapat menunjukkan kinerja terbaik, karena mereka ini merupakan orang-orang terpilih.

"Tunjukkan pula dedikasi dan loyalitas dalam bekerja untuk memberikan pelayanan publik yang bermutu. Teruslah belajar memperbaiki diri, dan mengembangkan potensi, sebab tugas dan tanggungjawab yang kita emban ke depan akan semakin berat," ujarnya.

Kemudian, patuhi dan ikuti segala peraturan dan ketentuan yang ada, serta tumbuhkan kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi, sehingga kehadiran saudara akan semakin memberikan warna yang positif di instansi tempat tugas.

"Jadikan momentum ini untuk mulai membangun kapasitas diri. Bekerjalah dengan semangat, cerdas, dan melayani dengan sepenuh hati serta tetap menjaga kinerja, dedikasi dan loyalitas," demikian Eko Hermansyah.

Baca juga: Sekda berharap seleksi Paskibraka Barito Selatan berikan hasil terbaik