Cara masak steak enak di rumah

id steak,daging sapi,daging steak,sirloin,masak steak,Cara masak steak enak di rumah

Cara masak steak enak di rumah

Ilustrasi steak (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Steak biasanya jadi sajian mewah yang hanya bisa didapatkan di restoran, tapi sebetulnya masakan ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Para chef restoran steak berbagi tips agar Anda bisa menghasilkan steak lezat restoran tanpa harus menjejakkan kaki ke luar rumah.

Sulit untuk membuat steak berkualitas tanpa membeli potongan daging yang berkualitas tinggi. Dikutip dari Travelandleisure, Anda harus mencari tukang daging yang menjual daging steak bermutu. Bila Anda bisa memilih secara spesifik potongan daging dan ketebalannya, chef Michael Lomonaco dari Porter House NYC merekomendasikan potongan daging setelah 1,5 inci.

"Itu steak yang berat tapi membuatmu punya kesempatan untuk memanggang kedua sisi tanpa membuatnya terlalu matang," katanya.

Baca juga: Kiat sajikan hidangan steik buatan sendiri

Jika Anda belum biasa memasak steak, coba mulai dari rib-eye yang lebih mudah dimasak karena kematangannya lebih merata saat dipanggang. Rib-eye cenderung lebih berlemak dan populer di banyak restoran steak.

Keluarkan daging steak dari kulkas sekitar 10-15 menit sebelum mulai dimasak. Steak dengan suhu ruang bisa dimasak lebih efisien ketimbang steak yang benar-benar baru keluar dari kulkas. Sebelum menyalakan api, siapkan dulu semua bahan dan alat seperti talenan, pisau, garam hingga piring saji.

Alat pemanggang atau cast iron bisa jadi pilihan untuk memasak steak. Panaskan cast iron selama 5-10 menit, tak perlu memakai minyak. Tunggu hingga panas, baru masukkan steak dan tekan dengan spatula agar seluruh permukaan betul-betul terpanggang. Tunggu selama tiga hingga empat menit, balik daging dan panggang sisi satu lagi selama tiga hingga empat menit.

Setelahnya, Anda bisa memasukkannya ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190 derajat celcius. Durasi memasak dalam oven tergantung dari daging yang dimasak, tapi kisarannya 4-8 menit dalam oven. Anda bisa memakai temperatur daging setelah empat menit untuk mengecek suhu steak sesuai temperatur yang Anda inginkan. Bila ingin steak dengan kematangan medium rare, temperatur yang ideal adalah 57 derajat celcius.

Proses memasak sudah selesai, langkah lainnya yang harus dilakukan adalah mendiamkan daging steak selama lima hingga sepuluh menit agar jus dari dagingnya tetap tersimpan di dalam. Waktu "istirahat" ini membuat daging tetap juicy saat dipotong. Anda bisa menambahkan salad, kentang, atau makanan pendamping lainnya sesuai selera.

Baca juga: Chef Norman bagikan resep membuat Dutch Steak

Baca juga: Restoran ini tawarkan diskon khusus Hari Ibu

Baca juga: Kini Holysteak! hadirkan menu steak nabati