Kapuas bersiap laksanakan pilkades serentak

id Pemkab kapuas, dpmd kapuas, pilkades serentak kapuas, kuala kapuas

Kapuas bersiap laksanakan pilkades serentak

Dokumentasi-DPMD Kabupaten Kapuas, melaksanakan sosialisasi dan simulasi Pilkades Serentak Tahun 2022, di Halaman Kantor Kecamatan Kapuas Timur, belum lama ini. (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Adapun untuk pilkades serentak nantinya akan dilaksanakan pada 26 Juli 2022 untuk 155 desa yang ada di Kapuas, dan untuk jadwal kampanye calon kepala desa secara terbuka dilaksanakan pada 20 Juli 2022
Kuala Kapuas (ANTARA) -
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Yanmarto mengapresiasi semua pihak yang membantu dalam tahapan pilkades sampai saat ini sehingga berjalan aman dan lancar.


 


“Kita berharap kedepannya, tugas ini bisa kita tuntaskan, tahapan-tahapan selanjutnya seperti yang akan datang adalah masa kampanye," kata Yanmarto di Kuala Kapuas, Jumat.


 


Hal itu juga disampaikannya, saat melaksanakan sosialisasi dan simulasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2022 di halaman kantor Kecamatan Kapuas Timur.


 


Dia menjelaskan, untuk kampanye pilkades ada dua jenis, yakni kampanye tertutup dan terbuka. Kampanye tertutup atau terbatas yang dilakukan dengan menemui satu atau dua orang (bertatap muka), kemudian tidak menggunakan fasilitas umum, tidak difasilitasi oleh panitia serta tidak mengundang orang banyak.


 


"Sejak calon kepala desa ditetapkan sebagai calon itu, boleh melakukan kampanye yang bersifat tertutup yang dilakukan secara dialogis,” katanya.


 


Sementara, lanjutnya, untuk kampanye terbuka atau yang terjadwal dilaksanakan selama tiga hari. Sifat kampanye terbuka ini, seperti mengundang orang banyak, menggunakan fasilitas umum dan difasilitasi oleh panitia.


 


"Contohnya jadwal kampanye disusun oleh panitia, semua calon harus mempunyai visi dan misi untuk program desanya,” terangnya.


 


Yanmarto berharap pilkades yang dilaksanakan serentak di Kapuas ini berjalan dengan baik dan lancar serta terpilihnya kepala desa yang bertanggung jawab, mempunyai visi dan misi yang dapat membangun serta mensejahterakan rakyatnya.


 


Adapun untuk pilkades serentak nantinya akan dilaksanakan pada 26 Juli 2022 untuk 155 desa yang ada di Kapuas, dan untuk jadwal kampanye calon kepala desa secara terbuka dilaksanakan pada 20 Juli 2022 mendatang.