Ini karakteristik konsumen mobil 'hatchback' menurut Suzuki

id Suzuki,hatchback, konsumen mobil,sedan buntung,mobil suzuki

Ini karakteristik konsumen mobil 'hatchback' menurut Suzuki

Baleno hatchback (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales menilai mobil dari segmen hatchback (sedan buntung/tanpa ekor bagasi) memiliki karakteristik konsumen yang berbeda dengan city car.

Secara umum, bagian dasar yang membedakan hatchback dan city car adalah dimensi dan kapasitas mesin, di mana hatchback lebih besar dari city car. Perbedaan itu turut mempengaruhi karakteristik konsumen terhadap mobil tersebut, yakni segmen hatchback lebih disukai kalangan dewasa yang umumnya memiliki aktivitas dengan mobilitas tinggi.

Baca juga: Suzuki pamerkan All New Ertiga Hybrid ke konsumen 'fleet'

“Target pasar hatchback mirip dengan target pasar city car, yaitu konsumen yang menginginkan mobil dua baris dengan dimensi yang kompak," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) dalam siaran resmi, Jumat.

"Tapi, hatchback menyasar pada konsumen yang menginginkan kendaraan dengan fitur yang lebih canggih, dengan mesin 1.500 cc atau lebih, dan memiliki ruang kabin yang lebih luas. Umumnya, konsumen hatchback adalah kalangan dewasa muda yang tinggal di perkotaan dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi,” kata dia.

Berbeda dengan sedan, ciri khas dari hatchback adalah bagasi yang menyatu dengan ruang penumpang baris kedua. Dimensi yang dimilikinya umumnya sedikit lebih kecil dari jenis mobil SUV maupun MPV. Hal itu yang membuat mobil hatchback lebih irit bahan bakar.

Baca juga: All New Ertiga Hybrid siap bersaing di Palangka Raya, berikut daftar harganya

Dari segi interior hatchback umumnya memiliki tampilan yang sporty. Sedangkan untuk segi eksterior, mobil segmen hatchback memiliki desain yang aerodinamis dan modern.

Untuk menyesuaikan dengan pasar otomotif di Indonesia, mobil hatchback juga memiliki beragam fitur canggih untuk memberikan sensasi berkendara yang nyaman dan aman ketika digunakan di jalanan perkotaan yang padat.

Suzuki Baleno bisa menjadi contohnya. Pada awalnya mobil itu berjenis sedan, kemudian bertransformasi menjadi Baleno hatchback pada 2017. Transformasi itu merupakan upaya Suzuki untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Berdasarkan data GAIKINDO, selama tahun 2021, Baleno hatchback menguasai 12,7 persen dari total penjualan mobil hatchback. Secara umum selama lima tahun belakangan, segmen mobil hatchback menguasai 5-7 persen pangsa pasar mobil penumpang di Indonesia (2018 – April 2022).

Baca juga: Suzuki luncurkan New Age Baleno yang dikategorikan sebagai hatcback premium

Baca juga: Suzuki luncurkan program 'Product Quality Update' untuk Jimny

Baca juga: Suzuki pertahankan posisinya di puncak penjualan mobil