Wali Kota ajak warga sukseskan program vaksinasi dosis penguat

id Wali Kota ajak warga sukseskan program vaksinasi dosis penguat, kalteng, Palangka raya, vaksin, Fairid Naparin

Wali Kota ajak warga sukseskan program vaksinasi dosis penguat

Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin (berkaos hitam) memantau vaksinasi COVID-19 di kota setempat. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin mengajak warga di kota setempat turut menyukseskan program vaksinasi ketiga atau dosis penguat.

"Vaksinasi merupakan upaya paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19 atau minimal mengurangi risiko keparahan paparan virus corona. Untuk itu, warga yang telah masuk kriteria segera vaksinasi 'booster'," kata Fairid di Palangka Raya, Jumat.

Menurutnya, saat ini di wilayah "Kota Cantik" banyak fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin COVID-19. Selain itu, syarat mendapat layanan vaksinasi juga lebih mudah.

Pemerintah juga memberlakukan vaksinasi sebagai salah satu syarat bagi warga yang melakukan perjalanan terutama yang menggunakan angkutan jalur laut dan udara.

"Melalui berbagai kesempatan dan upaya, kami juga terus berupaya mempercepat capaian vaksinasi terutama dosis ketiga. Ini merupakan upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat dari ancaman paparan COVID-19," kata Fairid.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, sampai Rabu (27/7) lalu, jumlah warga di kota setempat yang telah mengikuti vaksinasi dosis penguat tercatat 82.430 orang dari total target 223.417 orang divaksin.

Baca juga: Kalteng dorong IKM kembangkan tujuan ekspor baru pada negara nontradisional

Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya juga mencatat 263.227 orang telah divaksin dosis pertama yang mana 227.554 orang diantaranya juga sudah mengikuti vaksin dosis kedua.

Satgas setempat juga mencatat mencatat akumulasi warga terjangkit virus corona di kota setempat mencapai 18.112 orang yang mana 17.359 diantaranya dinyatakan sembuh.

Kemudian, dari seluruh kasus positif, 550 pasien COVID-19 meninggal dunia dan 203 pasien lainnya masih menjalani perawatan baik dengan melakukan isolasi mandiri atau pun dirawat di rumah sakit.

Untuk itu, meski saat ini pemerintah telah memberikan kelonggaran terkait aktivitas, masyarakat tetap diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi serta rajin berolahraga.

Selain itu, warga di "Kota Cantik" diajak kembali memperketat penerapan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Palangka Raya juara umum MTQH XXX Kalteng

Baca juga: Seorang kakek di Palangka Raya melecehkan cucunya selama lima tahun

Baca juga: Antisipasi banjir, masyarakat Palangka Raya diminta tak menutup drainase