Kabar duka dari sang legenda NBA Bill Russell

id Bill Russell,NBA ,bintang basket,Kabar duka dari sang legenda NBA Bill Russell,Adam Silver

Kabar duka dari sang legenda NBA Bill Russell

Legenda NBA Bill Russell saat menghadiri upacara penghormatan untuk mendiang Kobe Bryant di Staples Center, California, Amerika Serikat, pada 24 Februari 2020. (ANTARA/REUTERS/Lucy Nicholson)

Jakarta (ANTARA) - Dunia NBA berduka cita atas kepergian sosok legendaris Bill Russell yang meninggal dunia dalam usia 88 tahun pada Minggu (31/7) waktu setempat.

Komisioner NBA Adam Silver melalui pernyataan resmi pada Senin menyebut Russell sebagai sosok juara terbaik dalam semua olahraga beregu.

"Penghargaan tak terhitung yang ia peroleh sepanjang kariernya yang gemerlap bersama Boston Celtics, termasuk rekor 11 gelar juara dan lima penghargaan MVP, hanyalah permulaan dari dampak besar Bill atas liga kita dan masyarakat yang lebih luas," kata Silver dikutip dari situs resmi NBA.

Baca juga: Warriors rayakan sukses juara NBA

Silver menyebut bahkan Russell bukan sekadar berbicara di dunia olahraga tetapi juga membela nilai-nilai kesetaraan, penghormatan, dan inklusivitas yang hingga kini menjadi DNA NBA.

"Di puncak kariernya, Bill gigih mengadvokasi hak-hak sipil dan keadilan sosial, warisan yang diteruskannya kepada banyak generasi pemain NBA yang mengikuti jejaknya," kata Silver.

"Bill terus melangkah melewati banyak ejekan, ancaman, dan segala kesulitan tak terperi yang mengarah kepadanya, dan dia tetap bersetia atas keyakinannya bahwa setiap orang berhak diperlakukan dengan bermartabat," ujarnya menambahkan.

Silver juga mengenang kiprah Russell setelah gantung sepatu di mana ia membantu Celtics meraih dua gelar juara lagi sebagai pelatih dan bagaimana namanya kemudian diabadikan menjadi trofi untuk Pemain Terbaik (Most Valuable Players/MVP) Final NBA.

Baca juga: PUMA kolaborasi dengan LaMelo Ball hadirkan sepatu spesial 'MB.01'

"Selama hampir 35 tahun sejak Bill menuntaskan kariernya sebagai pelatih kepala kulit hitam pertama di liga, kita semua cukup beruntung menyaksikannya di hampir semua ajang penting NBA, termasuk Final NBA, di mana ia menyerahkan Trofi Bill Russell kepada MVP Final NBA," katanya.

Silver turut mengenang hubungan personalnya dengan Russell, yang kerap disebutnya sebagai Babe Ruth-nya bola basket.

"Saya menghargai persahabatan kami dan sangat senang ketika dia menerima Medali Kebebasan Presiden. Saya sering memanggilnya Babe Ruth-nya bola basket, sebab sosoknya selalu bisa melampaui waktu," katanya.

"Bill adalah sosok pemenang dan rekan setim yang sempurna, dan pengaruhnya di NBA akan selalu terasa selamanya. Kami mengirimkan belasungkawa terdalam kami kepada istrinya, Jeannine, keluarganya, dan banyak temannya," tutup Silver.

Baca juga: LeBron James kini berstatus miliarder

Baca juga: Menanti nasib dan peran Joel Embiid

Baca juga: Tundukkan Grizzlies, Curry ingatkan Warriors masih miliki DNA juara

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2022