Pembaruan iPadOS 16 ditunda

id iPadOS 16,Apple ,ios,Pembaruan iPadOS,Pembaruan iPadOS 16 ditunda ,ipad

Pembaruan iPadOS 16 ditunda

Tampilan iPadOS 16 versi Beta. (ANTARA/HO/Apple)

Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan akan menunda pembaruan sistem baru iPadOS 16 sekitar satu bulan setelah meluncurkan pembaruan sistem baru untuk perangkat iPhone yaitu iOS 16.

Langkah itu terbilang unik mengingat Apple biasanya merilis pembaruan sistem iPad dan iPhone secara bersamaan dan belum pernah terpisah.

Pembaruan sistem operasi itu pun biasanya berlangsung di September 2022, dengan adanya rencananya penundaan maka iPadOS akan rilis di Oktober 2022.

Baca juga: Apple lakukan uji coba publik iOS 15.3 dan iPadOS 15.3

Mengutip Bloomberg, Kamis, penundaan perilisan iPadOS terkendala oleh keinginan Apple meningkatkan lebih baik kemampuan multitasking milik iPad.

Pembaruan mencakup fitur yang disebut "Stage Manager" yang memungkinkan pengguna mengoperasikan beberapa tugas secara bersamaan, mengubah ukuran jendela, dan berpindah dengan mudah di antara berbagai kelompok aplikasi.

Selama pengujian beta, sistem terbaru iPadOS 16 menui cukup banyak kritikan dari beberapa pengembang aplikasi dan pengguna karena bug, antarmuka yang membingungkan, dan kurangnya kompatibilitas dengan sebagian besar iPad.

Dengan dimundurkannya jadwal rilis iPadOS 16 maka Apple nampaknya akan memfokuskan diri untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut.

Perubahan itu juga akan membawa rilis iPadOS 16 lebih dekat ke peluncuran produk iPad terbaru.

Adapun produk-produk itu seperti kehadiran iPad Pro dengan chip M2 hingga iPad untuk kelas pemula atau entry-level yang dihadirkan dengan port USB-C.

Apple masih enggan menanggapi informasi tersebut dan mengatakan masih fokus untuk peluncuran produk menjelang musim gugur 2022.

Di 2022 Apple memang sedikit terlambat menghadirkan pembaruan perangkat lunaknya, terlihat dari jadwal fase beta untuk publik yang dimulai lebih lambat dari kondisi biasa.

Meski demikian, Apple tetap bisa menangani ini mengingat sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi pada saat merilis iOS 13 di 2019 dan berdampak pada debut iPhone 11.

Fitur "Stage Manager" sebenarnya sudah pernah ditampilkan dalam sistem operasi Mac lewat macOS Ventura namun sistem tersebut nampaknya tak mencuri perhatian penggunanya.

Terkait dengan pembaruan iPadOS 16 beberapa pembaruan yang dibawa di antaranya peningkatkan aplikasi cuaca, tampilan eksternal, hingga Stage Manager.

Sementara untuk pembaruan iOS 16 mencakup desain ulang layar kunci, kemampuan untuk menarik kembali pesan di iMessage dan aplikasi Home yang didesain ulang untuk mengontrol aksesori.

Baca juga: Apple luncurkan pembaruan iOS, iPadOS dan MacOS untuk atasi spyware

Baca juga: IOS 16 hadir dengan lock screen

Baca juga: Bug iOS 15 sebabkan Apple rekam percakapan dengan Siri