Warga Bartim diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan

id Warga Bartim diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan, kalteng, bartim, barito timur

Warga Bartim diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur, dr Jimmi WS Hutagalung. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Tamiang Layang (ANTARA) - Koordinator Bidang Penanganan Satgas COVID-19 Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, dr Jimmi terus melakukan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Kita berikan edukasi dan mengimbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata dr Jimmi di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, protokol kesehatan merupakan hal penting yang bisa menekan terjadinya penularan virus, termasuk virus corona. Seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Penggunaan masker yang benar, yaitu dikenakan menutupi hidung dan mulut. Masker berfungsi sebagai penghalang sederhana yang bisa membantu mencegah percikan pernapasan yang berisi virus dari orang lain masuk ke dalam tubuh.

“Begitu juga dengan cuci tangan, bisa menghilangkan virus di tangan. Sedangkan menjaga jarak minimal satu meter agar terhindar dari transmisi aerosol,” kata dr Jimmi.

Protokol kesehatan secara sejajar diimbangi dengan pemberian vaksinasi COVID-19. Manfaat vaksin COVID-19 diantaranya merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penularan tubuh, mengurangi dampak berat dari virus, dan mencapai kekebalan kelompok.

Baca juga: Pemkab Bartim verifikasi CPCL pengembangan sawit masyarakat
 

Warga yang belum vaksinasi baik vaksinasi dosis kedua maupun vaksinasi penguat ‘booster’ dosis pertama, diimbau bisa mengikuti vaksinasi secara lengkap agar tercipta kekebalan tubuh dan kelompok.

“Kita juga melayani vaksinasi warga yang belum vaksinasi dosis kedua dan vaksin penguat ‘booster’ dosis pertama,” kata pria yang saat ini menjabat Kadis Kesehatan Barito Timur itu.

Bagi warga yang belum lengkap vaksinasi maupun yang memiliki penyakit kronis atau komorbid akan lebih berisiko menderita gejala yang lebih parah apabila terinfeksi COVID-19.

Ini dikarenakan kondisi seseorang yang menderita dua penyakit atau lebih pada saat yang bersamaan dan saat itu juga terinfeksi COVID-19 sehingga menderita gejala yang lebih berat.

Bidang Penanganan Satgas COVID-19 Barito Timur saat ini juga fokus melakukan tes dan pelacakan kontak erat di wilayah Kecamatan Awang. Mereka juga memberikan masyarakat edukasi dan sosialisasi serta layanan vaksinasi.

Baca juga: Berikut penjelasan RSUD Tamiang Layang terkait meninggalnya warga terkonfirmasi positif COVID-19

Baca juga: Nakes puskesmas di Bartim ikuti vaksinasi penguat kedua

Baca juga: Bupati Bartim perintahkan camat tingkatkan pembinaan pemerintah desa