Indonesia kerja sama keamanan siber dengan Rumania

id keamanan siber,Johnny G. Plate, Indonesia kerja sama keamanan siber dengan Rumania,Kalteng

Indonesia kerja sama keamanan siber dengan Rumania

Ilustrasi - Seorang peretas mencoba membongkar keamanan siber. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja di Bucharest, Rumania, Rabu (28/9) guna membuka peluang kerja sama bidang keamanan siber dan transformasi digital. 

"Kami mendiskusikan perkembangan ekosistem digital antar kedua negara, baik terkait talenta digital, keamanan siber, komunikasi radio, hingga teknologi informasi dan komunikasi (TIK) hulu dan hilir. Termasuk di dalamnya potensi-potensi membangun hubungan di sektor digital ekonomi, e-commerce, fintech, edutech, healttech peningkatan kerja sama," kata Menteri Johnny, dalam siaran pers diterima Kamis .

Menurut Menteri Johnny, dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.

"Kami memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana negara-negara maju (mengembangkan ekosistem digital). Rumania dan Indonesia sepakat untuk bertukar pikiran dan mengembangkan pembangunan TIK di hulu dan hilir," kata Menteri Johnny.

Menteri Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja mengatakan Indonesia dan Rumania memiliki banyak kesamaan dalam pembangunan ekosistem digital.

"Kami memiliki chemistry yang sangat positif di sini, meskipun kami baru saja bertemu, saya pikir akan saling mendukung dan tim kami telah bekerja sama untuk waktu yang lama. Kami saling mendukung untuk pencalonan satu sama lain di Dewan Council (ITU)," kata Menteri Sebastian-Loan Burdujua.

Berkaitan dengan isu keamanan siber, Menteri Rumania itu berharap mereka bisa berkontribusi dalam hal keahlian keamanan siber, yang menjadi salah satu perhatian serius.

"Tentu saja termasuk komponen siber serta keahlian kami dalam penelitian dan pengembangan pusat akademik. Kami sangat berharap untuk melanjutkan kemitraan ini," kata Sebastian-Loan Burduja.

Potensi kerja sama Indonesia dengan Rumania juga akan dikembangkan ke bidang perniagaan digital (e-commerce).

"Kita mempunyai dua decacorn, 14 unicorn dan ribuan digital startup yang mana Rumania juga mempunyai talenta digital yang bagus. Barangkali bisa kita kerja sama dan membangun relasi yang konkret di bidang digital, ekonomi dan radio communications," kata Menteri Johnny.

Sementara itu, Menteri Sebastian-Loan Burduja mengatakan harapan mereka untuk belajar dari kisah sukses Indonesia menciptakan unicorn dan memfasilitasi inovasi.

"Ke depan, kami berharap dapat belajar dari kisah sukses Indonesia dalam menciptakan unicorn, memfasilitasi ekosistem inovasi yang memanfaatkan sumber daya manusia bahwa negara ini memiliki bangsa yang hebat dan sekali lagi ada banyak hal yang harus dipelajari dari itu," kata Menteri Sebastian-Loan Burduja.

Pertemuan bilateral ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismal dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif.