Bantuan terus mengalir untuk korban banjir di Kotim

id Bantuan terus mengalir untuk korban banjir di Kotim, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor

Bantuan terus mengalir untuk korban banjir di Kotim

Bupati Halikinnor menerima secara simbolis bantuan yang digalang Muhammadiyah untuk korban banjir, Kamis (3/11/2022). ANTARA/HO-Muhammadiyah

Sampit (ANTARA) - Bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah terus mengalir, salah satunya dari warga Muhammadiyah setempat yang diserahkan kepada Bupati Halikinnor.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah dalam hal membantu masyarakat korban bencana banjir. Harapannya, Muhammadiyah dalam hal ini Lazismu sebagai mitra pemerintah daerah dapat terus melakukan kebaikan-kebaikan untuk masyarakat," kata Halikinnor di Sampit, Kamis.

Saat ini banjir masih merendam sejumlah desa di Kotawaringin Timur, meski terus berangsur surut. Meski begitu, bantuan dari masyarakat masih dibutuhkan warga korban banjir hingga kondisi benar-benar normal dan masyarakat bisa kembali beraktivitas.

Halikinnor mengapresiasi banyak pihak, termasuk Muhammadiyah yang telah membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi dampak banjir ini. Diakui, pemerintah daerah memiliki keterbatasan dalam upaya di lapangan sehingga perlu dukungan semua pihak agar lebih optimal.

Dia juga mengapresiasi Muhammadiyah yang konsisten dalam kegiatan sosial, di antaranya membantu korban banjir, bahkan hingga turun langsung ke lokasi kejadian. Eksistensi organisasi di bawah naungan Muhammadiyah juga sangat membantu masyarakat luas dalam hal menampung dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Bagi masyarakat Kotim yang mempunyai rezeki, silahkan menyalurkan infaq, zakat serta sedekahnya melalui Lazismu Kotawaringin Timur," ujar Halikinnor.

Sementara itu, Muhammadiyah melalui dua lembaga filantropinya yaitu Lazismu dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kotawaringin Timur menyalurkan 100 paket sembako untuk warga korban banjir.

Baca juga: Rujab Bupati Kotim dipadati ratusan anak antre disunat

Bantuan itu akan disalurkan ke Desa Tumbang Boloi Kecamatan Telaga Antang. Penyaluran bantuan ini turut dikawal organisasi otonom Muhammadiyah yakni Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan HNR Trail Adventure.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada para donatur atau uzakki dan munfiq, serta Lazismu Kalimantan Tengah yang telah menyisihkan sebagian hartanya dan menyalurkan untuk keperluan penyintas bencana hidrometeorologi di Kotawaringin Timur melalui Lazismu Kotawaringin Timur," kata Pengurus Harian Lazismu Kotawaringin Timur, Haqiqi.

Sementara itu Ketua Pemuda Muhammadiyah Kotawaringin Timur, Achmad Julianto mengatakan, gerakan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan gerakan kemanusiaan di Muhammadiyah untuk masyarakat.

"Pembagian sembako ini adalah penyaluran tahap kedua pada bencana banjir di tahun ini. Sama seperti tiga tahun terakhir ini kami Muhammadiyah secara konsistensi menggalang dana di internal Muhammadiyah dan menyalurkannya sebagai bentuk konsistensi gerakan Muhammadiyah peduli kepada masyarakat terdampak banjir," demikian Julianto.

Baca juga: Perbaikan dua jalan di Sampit gunakan teknologi daur ulang

Baca juga: Dinkes Kotim periksa sampel antisipasi varian baru COVID