Ini rekomendasi koktail dengan sentuhan unik khas Hong Kong

id koktail ,Tourism Board ,Hong Kong Tourism Board ,hktb

Ini rekomendasi koktail dengan sentuhan unik khas Hong Kong

Yuen Yeung Martini. (ANTARA/HO-PONG LKF via HKTB)

Jakarta (ANTARA) - Hong Kong Tourism Board (HKTB) membagikan rekomendasi empat minuman koktail dengan sentuhan unik khas Hong Kong beserta resepnya yang bisa diracik sendiri.

Tak hanya itu, chef Yuda Bustara serta food blogger Eric Eko Santoso dan Mullie Marlina juga turut melengkapi rekomendasi itu dengan menambahkan makanan-makanan apa saja yang paling cocok dipadukan dengan keempat koktail.

Berikut rekomendasi sejumlah koktail Hong Kong beserta hidangan pendampingnya dikutip melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

1. Yuen Yeung Martini
Cara membuat:
- 40ml Hong Kong Milk Tea
- 20ml Espresso
- 50ml Vodka

Tambahkan semua bahan ke dalam Boston shaker, dry shake. Langkah selanjutnya tambahkan es dan kocok kembali, kemudian saring dengan saringan ganda ke gelas martini dan hias dengan biji kopi. Selain bisa dibuat sendiri, Anda juga bisa mendapatkan Yuen Yeung Martini di Hong Kong dengan mengunjungi PONG LKF, Lan Kwai Fong, Central.

Mengingat profil kopi dan cita rasa manis yang dimiliki, Yuda berpendapat bahwa Yuen Yeung Cocktail sangat cocok dipadukan dengan hidangan manis seperti Hong Kong pineapple bun atau pudding tofu hangat.

Baca juga: Koktail botol bawa suasana pantai untuk bersantai di rumah

“Bisa dinikmati saat brunch di Minggu siang atau bahkan saat berkumpul di Sabtu malam bersama teman-teman, sebelum melanjutkan pesta ke Lan Kwai Fong,” imbuh Yuda.

Bagi Eric, Yuen Yeung alias Teh Susu Kopi mengingatkannya akan Coffee Milk Tea Hong Kong di Cha Chaan Teng, sebuah kafe atau tempat makan ala Hong Kong yang banyak ditemui di Hong Kong. Koktail ini juga akan sangat cocok dengan Hong Kong egg tart yang manis dan lembut.

2. Tangerine Peel Tea 10yrs
Cara membuat:
- 25ml House Infused Black Tea Vodka
- 25ml Cointreau
- 25ml Tequila Reposado
- 25ml Air Tangerine Peel 10yrs
- 10ml Jus lemon segar
- 10ml Sirup
- 1 Drop Angostura Bitter

Selain dapat diracik sendiri, Anda bisa mendapatkannya saat mengunjungi Hong Kong di Starry Night, Tai Kok Sui, Kowloon.

Tangerine Peel Tea 10yrs menggunakan Chen Pi atau potongan kulit jeruk mandarin kering. Menurut Yuda, Chen Pi yang dijadikan bahan koktail akan memberikan rasa segar dan fruity. Hidangan seperti Dimsum Hakau, Mie Pangsit, atau Siu Mei Hong Kong akan serasi disandingkan dengan koktail ini.

Sementara bagi Eric, Tangerine Peel Tea 10yrs cocok dipasangkan dengan Gui Ling Gao. Dia merekomendasikannya karena cita rasa herbal dan sedikit rasa pahit namun segar dari koktail ini.

3. Chen Pi Li Tano
Cara membuat:
- 60ml Chen Pi Hari Gin
- 15ml Jus Lemon
- 15ml Olive Brine
- 15ml Oleo Saccharum
- Tambahkan Tonic

Chen Pi Li Tano, selain bisa dibuat sendiri, Anda bisa mendapatkannya di Lucciola Restaurant & Bar, Wan Chai, Hong Kong. Sebagai informasi, Chen Pi merupakan salah satu bahan yang sangat umum digunakan yang mewakili Hong Kong.

“Chen Pi dapat digunakan sebagai bumbu dapur juga, tidak harus dijadikan minuman. Terbuat dari kulit jeruk tangerine yang dikeringkan, Chen Pi banyak dipakai di makanan Hong Kong untuk memberikan rasa yang segar dan fruity, contohnya di dalam tumisan maupun hotpot,” jelas Yuda.

Mullie merekomendasikan Hong Kong Egg Tart dengan base egg custard dapat dipasangkan dengan koktail yang light dan menyegarkan ini.

4. Moment of Sky Lantern
Cara membuat:
- 30ml Gin
- 5ml Jus Lemon
- 30ml Pure Nanas
- 100ml Tonic
- Kubus Jelly Warna Warni

Jika tak ingin repot membuat sendiri, Anda bisa mendapatkan Moment of Sky Lantern di Wan Land Cafe, Tai Kok Sui, Hong Kong. Uniknya, koktail ini menggunakan kubus jelly warna-warni sebagai salah satu bahannya yang mudah didapatkan di toko kue tradisional Hong Kong.

Bagi Mullie, koktail ini cocok disandingkan dengan dimsum gurih seperti chongfen udang atau charsiu, dan juga dimsum goreng dengan isian daging. Sementara bagi Yuda, koktail ini cocok dipasangkan hotpot Hong Kong dan mango pomelo dessert.

Baca juga: Atraksi-atraksi terbaru di Hong Kong untuk liburan keluarga

Baca juga: Sederet wisata alam menarik di Hong Kong

Baca juga: Hong Kong hanya perbolehkan perkumpulan maksimal dua orang