Buku memoar Pangeran Harry resmi dijual

id Pangeran Harry ,Spare,Buku memoar Pangeran Harry

Buku memoar Pangeran Harry resmi dijual

Seorang staf membongkar buku otobiografi Pangeran Harry "Spare" di toko buku Waterstones, di London, Inggris , Selasa (10/01/2023). (REUTERS/Peter Nicholls)

Jakarta (ANTARA) - Buku memoar yang ditulis Pangeran Harry, "Spare", secara resmi dijual pada Selasa setelah kontroversi yang mencuat dalam beberapa hari terakhir mulai dari sesi wawancara televisi mengenai buku tersebut hingga isi buku yang bocor sebelum resmi terbit.

Buku "Spare" telah menarik perhatian di seluruh dunia yang mengungkap tentang perjuangan pribadi Harry dan tuduhannya terhadap anggota kerajaan Inggris termasuk ayahnya, Raja Charles; ibu tirinya, Camilla; serta kakak laki-lakinya, Pangeran William.

"Saya suka dia, saya suka keluarga kerajaan," kata Caroline Lennon, seorang pembeli buku "Spare", mengutip laporan Reuters yang disiarkan Selasa.

Baca juga: Berikut hal-hal yang diungkapkan Pangeran Harry dalam buku 'Spare'

Lennon merupakan seorang pembeli pertama satu-satunya yang menunggu toko buku Waterstone London, Inggris, dibuka untuk membeli buku "Spare". Ketika hendak dipotret oleh pewarta foto, perempuan itu mengatakan dirinya akan segera membaca buku tersebut.

Meskipun tidak ada antrean, Waterstone mengatakan bahwa pihaknya mencatat banyaknya pra-pesan buku memoar itu. Buku "Spare" saat ini menduduki peringkat sebagai buku terlaris di situs web Amazon di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Jerman, dan Kanada.

"Saya tahu mungkin beberapa hal yang dia katakan telah membuat orang lain salah paham. Dan saya tahu, pasti, ada banyak orang yang beranggapan bahwa dia tidak seharusnya mengatakan hal-hal yang dia katakan, tetapi saya yakin Harry harus diberi kesempatan untuk mengatakan apa yang ingin dia katakan," kata Lai Jiang, seorang pembeli lain yang membeli buku tersebut di Singapura.

Buku "Spare" diterbitkan oleh Penguin Random House. Buku ini merupakan persembahan terbaru dari Harry dan istrinya, Meghan Markle, setelah mereka mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada 2020. Kisah keduanya itu juga diabadikan dalam bentuk dokumenter yang tayang di Netflix bulan lalu.

Sementara itu, pihak keluarga kerajaan belum memberikan komentar lebih lanjut mengenai buku yang ditulis Harry.

Sebelumnya pada Kamis (5/1) lalu, kutipan dari buku "Spare" bocor dan versi dalam bahasa Spanyolnya juga dijual di toko buku di Spanyol sebelum waktu penerbitan resmi yang ditetapkan.

Dalam memoar itu, Harry berbicara tentang kesedihannya dan tumbuh dewasa setelah kematian ibunya, Putri Diana, ketika dia baru berusia 12 tahun. Buku juga mengungkapkan bagaimana Harry yang pernah mengonsumsi obat-obatan terlarang hingga kisah lainnya.

Baca juga: Meghan Markle keluhkan dirinya tak digaji saat tur kerajaan

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle pamerkan foto ultah pertama Lilibet

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle hadiri perayaan Ratu Elizabeth