ASDP Indonesia Ferry kembali layani rute Kumai-Kendal

id Asdp indonesia ferry, kmp kolibodri, kapal angkutan penumpang, kumai, kendal, kotawaringin barat, jawa tengah, feri penyeberangan, pelayaran, gelomban

ASDP Indonesia Ferry kembali layani rute Kumai-Kendal

KMP Kolibodri saat meninggalkan Pelabuhan Kumai menuju Pelabuhan Kendal, Minggu (15/01/2023). (ANTARA/M Husein Asyari)

Pangkalan Bun (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry kembali melayani rute penyeberangan dari Pelabuhan Tempenek Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menuju Pelabuhan Kendal Jawa Tengah setelah terhenti dikarenakan gelombang besar.

"Kami kembali melayani penyeberangan dari Pelabuhan Kumai ke Pelabuhan Kendal dengan menggunakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Kolibodri," ujar Perwakilan PT ASDP Indonesia Ferry wilayah Kumai, Muhammad Anas di Kumai, Rabu.

Dia mengatakan, sebelumnya, penyeberangan dari Kumai ke Kendal sempat terhenti dikarenakan cuaca buruk di Laut Jawa pada Desember lalu.

Untuk jadwal pelayaran dalam satu bulannya, KMP Kolibodri sendiri melayani enam kali penyeberangan dari Pelabuhan Kumai ke Pelabuhan Kendal.

"KMP Kolibodri mulai melayani kembali penyeberangan dari Kumai ke Kendal dari 11 Januari setelah sekitar tiga pekan tidak melayani rute ini dikarenakan gelombang besar," ujarnya.

Baca juga: Orang utan nyasar ke kawasan bandara di Pangkalan Bun

Selain melayani angkutan penumpang, KMP Kolibodri juga melayani penyeberangan angkutan kendaraan, seperti sepeda motor, mobil ringan, hingga truk besar ekpedisi pengangkut sembako dan lainnya.

"Untuk harga tiket penumpang Rp118.400 untuk dewasa dan untuk bayi Rp12.000," ucap Anang.

Sementara untuk biaya jenis muatan kendaraan yakni Rp270.600 untuk sepeda motor, sedangkan untuk kendaraan roda empat ringan Rp2.262.100 dan kendaraan barang atau truk Rp4.497.200.

"Untuk lebih jelas bisa langsung tanyakan ke agen atau loket penjualan tiket kami di Pelabuhan Kumai," terang M Anas.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat, Didik Widiyanto mengatakan, setelah lebih kurang tiga pekan tidak melakukan pelayaran, yakni terakhir 21 Desember 2022 lalu, kini KMP Kalobodri tiba dan melayani angkutan penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai.

"KMP Kalibodri tiba dan sandar di Pelabuhan Penyeberangan Kumai Rabu (11/1) pukul 01.33 wib dini hari dan kembali berangkat menuju Pelabuhan Kendal malam harinya sekitar pukul 22.00 wib," ucapnya.

Selain KMP Kolibodri yang melayani rute Kumai-Kendal, juga ada beberapa perusahaan pelayaran lain melayani keberangkatan dari Kumai ke Semarang dan Kumai ke Surabaya melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Baca juga: Pemkab Kobar optimalkan program CSR Konsorsium bangun infrastruktur

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023