Pemkab Kobar optimalkan program CSR Konsorsium bangun infrastruktur

id Pemkab Kobar optimalkan program CSR Konsorsium bangun infrastruktur, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, Anang dirjo

Pemkab Kobar optimalkan program CSR Konsorsium bangun infrastruktur

Kepala Dinas PUPR Kobar, Hasyim Muallim. ANTARA/M Husein Asyari

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah terus lakukan pembangunan dan peningkatan infrastruktur dengan berbagai inovasi, di antaranya dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) Konsorsium. 

"Di tahun 2022 kemarin, pembangunan jalan melalui program CSR Konsorsium di Kobar yakni sepanjang 15 kilometer lebih yang sudah dihibahkan ke pemkab," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Hasyim Muallim di Pangkalan Bun, Senin.

Dijelaskan Muallim, program CSR Konsorsium ini sudah digagas sejak pandemi COVID-19 dan hingga kini terus dilaksanakan. Program ini sangat membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur khususnya jalan penghubung. 

"Program ini merupakan program kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan yang ada di Kobar dalam pembangunan di Kobar, khususnya pembangunan jalan penghubung," ujar Kadis PUPR. 

Diterangkannya, program konsorsium bidang jalan ini telah mendapat penghargaan dari KemenPAN RB yang diterima oleh Pj Bupati Kobar, selain itu juga masuk 45 top inovasi terbaik se Indonesia.

"Hingga saat ini masih ada sekitar 126 kilometer yang masih dalam proses penyerahan hibah dari perusahaan ke Pemkab Kobar," terangnya. 

Baca juga: Pemkab Kobar akan bangun bundaran kapal pinisi ikon kawasan pesisir

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat, Anang Dirjo mengapresiasi peran Dinas PUPR dan perusahaan yang terus bersinergi dalam pembangunan daerah melalui program CSR Konsorsium tersebut. 

"Pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan merupakan tanggung jawab kita bersama terhadap tantangan pembangunan sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah," ujarnya

Diterangkannya, perlu terus mendorong pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dikarenakan mengingat Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi kawasan strategis dan pintu gerbang bagian barat Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Saya berharap tidak hanya Dinas PUPR, tapi seluruh dinas terus berinovasi dalam pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat," ucap Anang Dirjo. 

Diketahui pembangunan jalan lewat program  CSR Konsorsium yaitu sepanjang 15 kilometer lebih sudah dihibahkan ke Pemkab Kobar tahun 2022 kemarin yaitu jalan Simpang Pandau ke Riam dan Jalan Simpang Penyombaan ke Pandau yang berada di Kecamatan Arut Utara.

Baca juga: Masyarakat Kobar didorong optimalkan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan

Baca juga: Napi kabur dari Lapas IIB Pangkalan Bun dipindahkan ke Nusakambangan

Baca juga: Populasi banteng Kalimantan di hutan Belantikan semakin berkurang