DPRD terus dorong Pemko berinovasi dalam pelayanan publik

id DPRD terus dorong Pemko berinovasi dalam pelayanan publik, kalteng, Palangka raya, pemko Palangka raya

DPRD terus dorong Pemko berinovasi dalam pelayanan publik

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf. ANTARA/Dokumen

Palangka Raya  (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD( Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah apresiasi capaian Pemerintah Kota Palangka Raya yang berhasil mendapatkan nilai berorientasi pelayanan yang tertinggi di atas rata-rata nasional yakni 70,5 persen dengan kategori A. 

"Kita ketahui Pemko Palangka Raya berhasil mendapat nilai A dan mendapat nilai rata-rata tertinggi secara nasional dari ACT Consulting Internasional atau ESQ dalam memberikan pelayanan publik," ujar Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf, Selasa. 

Dikatakannya, capaian yang diraih oleh Pemko Palangka Raya bukanlah hal berlebihan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Pemko dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Tentu kita sangat mengapresiasi hal seperti ini, karena terobosan dan inovasi dari pemko ini benar-benar untuk dan tersampaikan kepada masyarakat di semua kalangan," ucap  politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut. 

Meski Pemko Palangka Raya berhasil mendapat nilai orientasi pelayanan A, Yusuf berharap agar Aparatur Sipil Negara (ASN) terus memberikan pelayanan yang terbaik dan tentunya lebih memudahkan kepada masyarakat. 

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya: Wasapda peredaran uang palsu

"Kita ingin setiap instansi pemerintah harus mempunyai inovasi dan terobosan selain dalam pembangun daerah juga dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Yusuf. 

Ditambahkannya, sebagai upaya dalam mewujudkan visi dan misi Pemko Palangka Raya untuk mencapai smart city, tentu harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada dalam pelayanan publik. 

"Kita harus bisa mengikuti perkembangan jaman, apalagi dalam pelayanan publik, kita bisa gunakan teknologi yang ada yang bertujuan untuk lebih memudahkan memberikan pelayanan kepada masyarakat," terangnya. 

Berdasarkan data hasil Indeks internalisasi BerAKHLAK di Pemko Palangka Raya yakni dengan rata ratanya 60,0 persen masuk kategori B atau Cukup Sehat.  Sementara Internalisasi BerAKHLAK ASN seluruh Indonesia yang diukur dari Periode Agustus-Desember 2022 yakni 60,9 persen dengan kategori cukup baik.

Selain berorientasi pelayanan yang nilainya di atas rata rata nasional, Pemko Palangka Raya juga unggul pada nilai kompeten, harmonis dan kolaboratif. Meski begitu, ada 3 penilaian dari Menpan RB tentang Implementasi ASN BerAkhlak yang masih rendah diupayakan segera ditingkatkan.

Baca juga: Polres Palangka Raya antisipasi tindak kejahatan jelang Ramadhan

Baca juga: BPBD Palangka Raya: Waspada bencana saat cuaca ekstrem

Baca juga: Pemprov Kalimantan Tengah raih penghargaan UHC BPJS Kesehatan