Pemkab salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Kapuas Hulu

id Dprd kapuas, bpbd kapuas, bantuan korban kebakaran desa naronang, kapuas hulu, kuala kapuas, kapuas

Pemkab salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Kapuas Hulu

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Naronang, Kecamatan Kapuas Hulu, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/HO-BPBD Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, menyalurkan bantuan untuk warga yang dilanda musibah kebakaran di Kecamatan Kapuas Hulu.

"Bantuan yang kita salurkan berupa matras, selimut, paket sembako, serta uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Kapuas senilai tiga juta rupiah untuk kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Kamis.

Bantuan diberikan kepada korban terdampak musibah kebakaran pemukiman di Desa Barunang Il RT.02, Kecamatan Kapuas Hulu, yang menimpa korban terdampak sebanyak dua kepala keluarga dan sembilan jiwa. 

Kebakaran ini, terjadi pada Minggu (12/3) lalu, sekitar pukul 14.30 wib yang mengakibatkan satu unit rumah warga habis terbakar, dan sejumlah barang tidak dapat diselamatkan akibat api dengan cepat meluluh lantakan bangunan rumah berkontraksi kayu tersebut. Melalui bantuan yang di salurkan, diharapkan dapat meringankan beban korban yang tertimpa musibah kebakaran.

"Semoga ini dapat membantu keluarga korban dan kita harapkan kepada korban kebakaran, semoga tabah dalam menghadapi musibah yang dialami," ucapnya.

Baca juga: Tiga penumpang tewas usai kecelakaan maut di Jalan Lintas Palangka Raya - Buntok

Kepada masyarakat di daerah setempat, Panahatan tidak henti-hentinya selalu mengimbau serta mengingatkan untuk selalu memperhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran, seperti api kompor, obat nyamuk, lilin, listrik dan lain sebagainya.

"Sebelum meninggalkan rumah untuk diperhatikan lagi, dicek kembali baik itu kompor memasak, listrik dan lainnya, sehingga begitu kita meninggalkan rumah, benar-benar aman," pesannya.

Ditambahkannya, untuk kejadian kebakaran ini pihaknya belum mengetahui penyebab terbakarnya rumah warga tersebut. Namun, kebakaran tersebut, telah ditangani oleh pihak yang berwajib.

Baca juga: Wabup Kapuas ajak masyarakat turut melestarikan seni budaya daerah