Pemprov Kalteng-Bulog salurkan 1,1 juta kilogram bantuan beras untuk masyarakat

id Pemprov kalteng, penyaluran cadangan beras pemerintah, cbp, bantuan pangan beras kalteng, keluarga penerima manfaat, kpm, penerima bantuan pangan, kal

Pemprov Kalteng-Bulog salurkan 1,1 juta kilogram bantuan beras untuk masyarakat

Penyaluran cadangan beras pemerintah untuk Bantuan Pangan Beras kepada masyarakat di berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah yang termasuk sebagai Penerima Bantuan Pangan, Palangka Raya, Kamis, (6/4/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mulai menyalurkan Bantuan Pangan Beras (BPB) yang diperuntukan bagi 117.503 Penerima Bantuan Pangan (PBP), dengan total bantuan beras sebanyak 1.175.030 kilogram.

"Setiap Penerima Bantuan Pangan akan mendapatkan masing-masing 10 kilogram beras per alokasi penyaluran," kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis.

Hal itu dia sampaikan saat meluncurkan penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan beras kepada masyarakat di berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah yang termasuk sebagai Penerima Bantuan Pangan.

Edy menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan akses pangan bagi masyarakat melalui pemberian Bantuan Pangan Beras yang bersumber dari cadangan beras pemerintah selama tiga bulan alokasi, yaitu Maret, April, dan Mei 2023.

Baca juga: Gebyar Ramadhan Berkah sarana memperkuat kecintaan Al Quran di Kalteng

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan, pemberian Bantuan Pangan Beras ini tersalurkan 100 persen selama tiga bulan alokasi penyaluran.

"Di sisi lain para Penerima Bantuan Pangan segera merasakan manfaatnya, yang insha Allah dapat meringankan beban selama beberapa waktu ke depan," tuturnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Tengah Riza Rahmadi menambahkan, penyaluran Bantuan Pangan Beras ini bertujuan mengurangi beban pengeluaran para penerima, hingga termasuk upaya pengendalian dampak inflasi.

Sementara itu Pimpinan Perum Bulog Kanwil Kalimantan Tengah Budi Cahyanto menjelaskan, dalam pelaksanaan program ini pihaknya bertugas menyediakan stok sesuai kebutuhan.

"Secara stok kami sudah kemas dan siapkan di seluruh gudang Bulog di berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Tengah," jelasnya.


Baca juga: Jeanny Yola Winokan resmi dikukuhkan menjadi Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng