Belum ada lonjakan pemudik di Bandara Iskandar Pangkalan Bun

id Belum ada lonjakan pemudik diBandara Iskandar Pangkalan Bun, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

Belum ada lonjakan pemudik di Bandara Iskandar Pangkalan Bun

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Zuber. ANTARA/Dokumen.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Mobilitas penumpang di Bandara Iskandar, Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada mudik Lebaran 1444 H masih terlihat normal, dan belum ada peningkatan penumpang yang signifikan. 

"Hingga hari ini, masih normal, dibandingkan dengan mudik Lebaran tahun tadi, belum ada peningkatan," ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Zuber di Pangkalan Bun, Minggu. 

Dijelaskan ya, belum adanya peningkatan jumlah penumpang di Bandara Iskandar pada arus mudik Lebaran tahun ini kemungkinan dikarenakan belum masuk cuti bersama secara resmi. 

"Kemungkinan puncaknya tanggal 19 April nanti, bertepatan pada cuti bersama Hari Raya Idul Fitri," kata Zuber. 

Untuk jumlah penumpang yang berangkat melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Zuber mengatakan sekitar 500 penumpang, dan itu masih sama dengan hari-hari normal lainnya. 

Baca juga: Karta Pangkalan Bun wujudkan kebutuhan warga di Ramadhan Heppiii

"Masih normal di angka sekitar 500 penumpang yang berangkat melalui Bandara Iskandar setiap harinya," ucapnya. 

Bandara Iskandar sendiri sudah mempersiapkan beberapa persiapan dalam menghadapi mudik Lebaran 2023, seperti pengecekan kondisi sarana dan prasarana bandara dari otoritas yang berwenang.

Selain itu, pihaknya juga memastikan kesiapan personel untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang yang ingin mudik dengan menggunakan moda transportasi udara.

"Langkah-langkah persiapan sudah kita lakukan dalam menghadapi arus mudik tahun, seperti pengecekan fasilitas peralatan di bandara telah diinspeksi oleh tim otoritas bersama tim bandara, termasuk runway, taxiway dan apron dan fasilitas lainnya untuk memastikan layak beroperasi," terangnya. 

Diketahui saat ini Bandara Iskandar Pangkalan Bun setiap harinya melayani beberapa penerbangan dengan tujuan Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Palangka Raya. 

Baca juga: Sudah 18.539 pemudik berangkat melalui Pelabuhan Kumai

75