DPRD Kotim apresiasi kesiapan pengamanan Lebaran

id DPRD Kotim apresiasi kesiapan pengamanan Lebaran, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, dprd kotim, Rinie, arus mudik, Lebaran

DPRD Kotim apresiasi kesiapan pengamanan Lebaran

Wakil Ketua I DPRD Kotim Rudianur (tiga kiri) dan Ketua DPRD Rinie turut hadir dalam gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2023 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah, Senin (17/4/2023) lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rudianur mengapresiasi kesiapan semua  unsur terkait dalam pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi. 

"Kami melihat sejauh ini berjalan dengan baik, aman, tertib dan lancar. Arus mudik juga berjalan lancar. Ini tentu berkat kesiapan dan koordinasi yang baik semua pihak," kata Rudianur di Sampit, Kamis. 

Pengamanan Lebaran Idul Fitri telah dipersiapkan oleh pemerintah daerah bersama instansi terkait. Polres Kotawaringin Timur selaku pemangku kepentingan pengamanan telah menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2023 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah, Senin (17/4) lalu.

Apel dan pengamanan melibatkan pihak terkait lainnya yaitu TNI, pemerintah daerah, KSOP Sampit, KKP Sampit, Bandara Haji Asan Sampit, Pramuka dan unsur lainnya. 

Kesiapan dan koordinasi yang baik tersebut mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berlebaran di daerah ini maupun warga yang mudik ke kampung halaman mereka. 

Semua instansi terkait sudah siaga dan sigap memberikan pelayanan kepada pemudik. Kesiapan ini sangat penting agar masyarakat bisa tetap merasa nyaman karena langsung dibantu ketika ada kendala. 

Baca juga: Bupati Kotim: Zakat membantu perekonomian umat

Rudianur memuji persiapan yang dilakukan secara matang sehingga pengamanan Lebaran sampai sejauh ini berjalan dengan baik. Dia berharap situasi yang kondusif ini tetap terjaga dan ditingkatkan hingga arus balik Lebaran nanti. 

"Kita semua tentu berharap seluruh masyarakat bisa menjalani Lebaran ini khusyuk, aman dan nyaman. Terima kasih kepada aparat keamanan dan semua petugas kita yang telah menjalankan dengan baik," kata Rudianur. 

Rudianur juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama turut menjaga situasi daerah agar tetap kondusif. Pemudik diminta saling menjaga agar selalu aman dan nyaman. Sementara itu warga yang berlebaran di daerah ini juga peduli dengan membantu mengawasi rumah tetangga mereka yang sedang kosong ditinggal mudik.

Kapolres AKBP Sarpani menyampaikan terima kasihnya atas dukungan semua pihak dalam pengamanan penyelenggaraan arus mudik Lebaran 2023 ini. Hadirnya berbagai unsur, termasuk ketua dan wakil ketua DPRD dalam apel gelar pasukan, menjadi salah satu gambaran kuatnya sinergitas dalam penyelenggaraan arus mudik Lebaran tahun ini. 

"Seluruh potensi yang ada telah tergambar secara baik melalui apel pasukan ini. Untuk Polres itu yang tergabung sebanyak 150 personel, ditambah Kodim, serta SOPD juga membantu, termasuk mitra kamtibmas seperti Pramuka dan lainnya," demikian Sarpani. 

Baca juga: Gubernur Kalteng minta pemudik saling menjaga

Baca juga: Kapolda Kalteng: Prioritaskan keamanan pemudik dan asetnya

Baca juga: TPP dan THR guru di Kotim telah dibayar