Indonesia taklukkan tuan rumah Kamboja

id timnas indonesia,kalahkan,kamboja,sea games,grup a

Indonesia taklukkan  tuan rumah Kamboja

Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 Beckham Putra N (kiri) dan Titan Agung Bagus (kanan) merayakan gol ke gawang Timnas Kamboja saat pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia U-22 menyapu bersih kemenangan di Grup A SEA Games 2023, setelah memukul tuan rumah Kamboja dengan skor 2-1, Rabu malam

 
Satu-satunya noda dari pertandingan yang dimainkan di Olympic Stadium, Phnom Penh, itu adalah Indonesia kemasukan gol untuk pertama kalinya di SEA Games tahun ini.
 
Dengan keberhasilan menjadi juara Grup A, Indonesia akan berhadapan dengan tim peringkat kedua Grup B di semifinal. Laga semifinal akan dimainkan pada Sabtu (13/5) mendatang.
 
Indonesia mulai menebar ancaman sejak awal pertandingan. Jeam Kelly Sroyer mendapat peluang bagus namun sepakannya masih melebar dari gawang Kamboja.
 
Tim Garuda Nusantara kemudian memecah kebuntuan pada menit kesembilan. Sepakan pertama dari Jeam Kelly dapat ditahan kiper Kamboja, namun Titan Agung berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola pantul. 1-0 untuk Indonesia.
 
Jeam Kelly kembali mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan Indonesia. Tetapi lagi-lagi kiper Kamboja berhasil menahan sepakan pemain asal Papua tersebut.
 
Pasukan Indra Sjafri terus mendominasi permainan dan sempat mendapatkan peluang. Tetapi mereka masih belum mampu memaksimalkannya untuk menggandakan keunggulan.
 
Justru Kamboja yang berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-45. Diawali tendangan sudut Nhean Sosidan, bola kemudian disundul Sin Sovannmakara yang tidak terkawal. Skor imbang 1-1 pun menutup babak pertama.
 
Indonesia kemudian mampu merestorasi keunggulan pada menit ke-51. Setelah menerima umpan, Beckham Putra sedikit meliuk dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengenai pemain Kamboja sebelum masuk ke gawang.
 
Kamboja yang berusaha bangkit mendapat peluang bagus pada menit ke-67. Leng Nora mendapat umpan bagus di depan gawang Indonesia, namun sepakan penyelesaiannya justru melambung ke atas gawang Adisatryo.
 
Baca juga: Indonesia kontra Kamboja sama kuat babak pertama

Tim tuan rumah kemudian mendapat hadiah penalti pada menit ke-79 akibat pelanggaran Muhammad Ferrari terhadap Sor Rotana. Namun Adisatryo menjadi penyelamat Indonesia saat ia menggagalkan eksekusi Lim Pisoth.
 
Pada sisa waktu pertandingan, Kamboja berusaha menggempur pertahanan Indonesia demi mencari gol penyama kedudukan. Meski sempat direpotkan oleh gelombang serangan tersebut, Indonesia mampu mempertahankan keunggulan tipis 2-1.
  
Daftar susunan pemain:
 
Indonesia: Muhammad Adisatryo, Rio Fahmi, Komang Teguh, Muhammad Ferrari, Haykal Alhafiz, Taufany Muslihuddin, Beckham Putra, Witan Sulaeman, Irfan Jauhari, Jeam Kelly Sroyer, Titan Agung
 
Kamboja: Reth Lyheng, Sieng Chantea, Taing Bunchhai, Soeuth Nava, Chou Sinti, Any Sorry, Lim Pisoth, Nhean Sosidan, Chan Sarapich, Sin Sovannamakara, Kouet Pich