TMMD bantu Pemkab Barito Selatan buka keterisolasian

id Pemkab barito selatan, barsel, tmmd buntok, kodim 1012 buntok, buka keterisolasian, pembangunan jalan, infrastruktur, barito selatan

TMMD bantu Pemkab Barito Selatan buka keterisolasian

Sekda Barito Selatan, Edy Purwanto bersama Dandim 1012 Buntok berfoto bersama usai acara pembukaan TMMD di Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan, Rabu (10/5). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sekretaris Daerah Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Edy Purwanto mengatakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) sangat membantu pemerintah daerah membuka keterisolasian dalam bidang infrastruktur untuk menghubungkan antar wilayah atau desa.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1012 Buntok atas pelaksanaan kegiatan tersebut," kata Sekda Barito Selatan, Edy Purwanto saat pembukaan TMMD ke 116 di Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan, Rabu.

Karena lanjut dia, TMMD ini dalam upaya untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, diperlukan sinergi dari semua pihak yang terlibat yakni TNI, Polri, pemerintah kabupaten dan pemerintah desa serta masyarakat desa dalam menyukseskan pelaksanaan TMMD.

"Saya berharap kepada semua pihak yang terlibat senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran program TMMD ke-116 pada 2023 ini," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Barsel tingkatkan kesiagaan hadapi ancaman karhutla

Sebab, sinergi ini sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus melanggengkan budaya gotong royong yang menjadi budaya asli Indonesia.

Dengan adanya kegiatan itu juga kata dia, akan terjalin kedekatan dan harmonisasi relasi antar elemen dalam kehidupan berbangsa maupun bernegara.

"Mari kita sukseskan kegiatan fisik dan non fisik yang akan dilaksanakan. Mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan ini, tujuan dari program ini dapat tercapai dengan baik," kata dia.

Sementara itu Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Hendro Wickasono menyampaikan, kegiatan TMMD ini melanjutkan pembangunan jalan yang telah dibuka melalui kegiatan TMMD sebelumnya.

"Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan melalui TMMD ini melakukan penimbunan jalan, pembuatan jembatan dalam mempermudah akses jalan bagi masyarakat," terangnya.

Sedangkan untuk sasaran tambahan lainnya yakni kegiatan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan tentang bela negara dan penyuluhan tentang penyakit-penyakit menular serta lainnya.

"Untuk kegiatannya dilaksanakan selama 30 hari dan karena pada Desa Danau Ganting kadang-kadang terjadi banjir, sehingga pelaksanaan dimulai pertengahan Maret 2023 lalu," jelasnya.


Baca juga: 141 jamaah calon haji Barsel ikuti manasik haji