ASN Kemenag Barsel ikuti orientasi pelopor penguatan moderasi beragama

id ASN kemenag barito selatan, kemenag barito selatan, Barito Selatan, Kalimantan Tengah, barsel, kalteng

ASN Kemenag Barsel ikuti orientasi pelopor penguatan moderasi beragama

Sejumlah ASN Kemenag yang mengikuti kegiatan orientasi pelopor penguatan moderasi beragama di Buntok, Senin (8/5/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengikuti orientasi pelopor penguatan moderasi beragama.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng Tuani Ismail di Buntok, Senin, mengatakan bahwa orientasi ini dilaksanakan di dua kabupaten, yakni di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Barito Selatan.

"Penguatan moderasi beragama ini merupakan salah satu dari tujuh skala prioritas program Kementerian Agama," ucapnya.

Adapun sasaran dari kegiatan orientasi pelopor penguatan moderasi beragama ini yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan kementerian agama.

"Melalui kegiatan ini diharapkan PNS pada lingkup Kementerian Agama untuk tidak ikut politik praktis dan juga tidak menyebarkan paham-paham yang mengarah pada intoleransi, dan radikal," ucap dia.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan selama 28 jam yang dibagi dalam beberapa hari itu juga, PNS yang mengikuti kegiatan tersebut nantinya dapat menjembatani kembali kepada khalayak lintas agama terutama di lingkup kementerian agama.

"Hal itu agar jangan sampai ada yang mengarah pada paham-paham radikal, intoleran dan anti agama," jelas Tuaini Ismail.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Arbaja mengucapkan terima kepada Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Tengah yang mempercayakan Barito Selatan menjadi salah satu tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Barito Selatan merupakan kabupaten yang paling kondusif, dan meskipun demikian, kita tidak boleh lengah dan lalai, karena pada tahun politik gesekan-gesekan akan lebih berasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Baca juga: Bacaleg dari sejumlah parpol di Barsel jalani pemeriksaan kesehatan jiwa

Ia berharap, melalui kegiatan yang dilaksanakan ini, kondusifitas Kabupaten Barito Selatan bisa lebih meningkat lagi. Sebab, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut menjadikan para peserta sebagai pelopor atau duta moderasi beragama.

 Selain itu, orientasi yang dilaksanakan ini diikuti oleh 40 orang PNS lingkup kementerian agama Barito Selatan. Hal itu sesuai dengan yang telah ditekankan Menteri Agama bahwa aparatur kementerian agama harus menjadi pelopor dan duta kerukunan serta duta moderasi beragama.

Sedangkan narasumber dalam kegiatan tersebut dari pusat yang berasal dari pusat kerukunan umat beragama yang sudah memiliki sertifikasinya.

Baca juga: Barito Selatan kembangkan kawasan tanaman hortikultura dan kedelai

Baca juga: Pj Bupati Barsel ingatkan ASN tolak gratifikasi

Baca juga: Pj Bupati Barsel minta pejabat dan ASN tak gelar open house