Ketua DPRD Seruyan minta diprogramkan bantuan biaya tes narkoba

id Ketua DPRD Seruyan minta diprogramkan tes narkoba, kalteng, seruyan, eko, dprd seruyan

Ketua DPRD Seruyan minta diprogramkan bantuan biaya tes narkoba

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo meminta kepada pemerintah setempat melalui Dinas Sosial (Dinsos) agar bisa memprogramkan biaya tes narkoba gratis bagi masyarakat yang ingin melakukan rehabilitasi.

“Kita harap kepada Dinsos yang memang membidangi hal tersebut, agar bisa memprogramkan biaya untuk tes narkoba, sehingga dengan begitu masyarakat bisa menindaklanjuti upaya rehabilitasi yang memang sangat perlu dilakukan,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Kamis.

Dia mengatakan, dirinya mendapat aspirasi dari masyarakat di Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir. Mereka sangat peduli terhadap generasi muda yang terpengaruh terkait penyalahgunaan narkoba agar bisa dilakukan rehabilitasi.

“Kendalanya memang pihak keluarga masyarakat pecandu narkoba yang ingin merehabilitasi kerabatnya kesulitan untuk pembayaran tes narkoba, karena memang berdasarkan aspirasi masyarakat tidak ada program untuk pembiayaan tersebut,” jelasnya.

Baca juga: Tahun ini sembilan desa di Seruyan teraliri listrik PLN

Menurutnya, program tersebut sangat penting dilakukan karena bertujuan untuk menjaga generasi muda di Bumi Gawi Hantantiring ini agar tidak terpengaruh terhadap penyalahgunaan narkoba. Dirinya juga sangat mengapresiasi masyarakat di desa tersebut karena sudah peduli dengan generasi muda.

“Saya juga sangat mengapresiasi masyarakat Persil Raya yang sangat peduli membantu dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda di desanya dengan sukarela. Hal ini tentunya harus kita dukung dengan program yang memudahkan pelaksanaan tersebut,” ungkapnya.

Eko juga menjelaskan hal tersebut tidak hanya terjadi di Desa Persil Raya, namun juga seluruh desa dan kecamatan yang ada di wilayah Seruyan, maka dari itu pihaknya juga berupaya untuk mempelajari aturan tersebut apabila memang dibolehkan tentunya harus diprogramkan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan bahwa tidak hanya program tes narkoba, namun bisa diupayakan pemberian insentif bagi masyarakat yang sukarela membantu mengatasi penyalahgunaan narkoba tersebut.

Baca juga: Tingkatkan sinergitas memenangkan Ganjar, PDI-P Seruyan silaturahmi ke PPP

Baca juga: Disdik Seruyan terus benahi Dapodik

Baca juga: DKPP Seruyan gratiskan pemeriksaan kesehatan hewan kurban