DPRD Kalteng minta sinergitas pengembangan wisata terus ditingkatkan

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Jimmy Carter, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta sinergitas pengembangan wisata terus ditingkatkan

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter (kiri dua) saat menghadiri Porprov Kalteng di Sampit, kemarin. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter mengajak sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah setempat, agar terus meningkatkan sinergisitas dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Permintaan tersebut karena masih banyak objek wisata yang ada di provinsi ini perlu sinergitas dalam mengembangkan dan memperkenalkan ke khalayak ramai, kata Jimmy di Palangka Raya, kemarin.

"Apalagi pengembangan pariwisata ini memerlukan dana yang tidak sedikit. Baik itu untuk memperbaiki sarana dan prasarana objek wisata, hingga mempromosikannya," ucapnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya ini pun menyarankan kepada pemerintah kabupaten/kota, menginvetarisasi semua objek wisata ada di wilayahnya masing-masing, yang punya potensi mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jimmy mengatakan, dari inventarisasi itu ditentukan objek wisata yang perlu mendapat prioritas untuk dikembangkan. Setelah itu, didesain program maupun kegiatan yang dilakukan dalam waktu dekat maupun panjang, serta mensinergikan dengan pemerintah provinsi melalui Dinas Pariwisata.

"Harus kita akui masih banyak potensi wisata yang belum tergali serta dikembangkan secara maksimal di provinsi ini. Itulah kenapa perlu dibuat program berkelanjutan dan kerja sama antara pemprov dan kabupaten ataupun kota," kata dia.

Politisi Partai Demokrat itu pun mencontohkan objek wisata di Kabupaten Murung Raya, terkhusus di Desa Dirung ada air terjun yang cukup bagus dan indah. Namun, karena belum dikelola secara optimal dan dipromosikan, alhasil objek wisata tersebut tidak terlalu dikenal masyarakat, baik di tingkat Kalteng maupun nasional.

Baca juga: Tingkatkan layanan kesehatan ke masyarakat, DPRD Kalteng kunjungi TangselBaca juga: Tingkatkan layanan kesehatan ke masyarakat, DPRD Kalteng kunjungi Tangsel

Dia mengatakan untuk masyarakat di Kabupaten Murung Raya, sebenarnya sudah banyak yang ke lokasi air terjun Desa Dirung. Hanya, untuk kabupaten lain, belum terlalu banyak akibat kekurangtahuan. Padahal, jika objek wisata ini dikembangkan dengan baik, maka berpotensi bisa menjadi salah satu tempat wisata unggulan di provinsi ini, terutama di Kabupaten Murung Raya.

"Itulah kenapa saya tak pernah bosan-bosannya mendorong dan mengajak pemda di Kalteng terus bersinergi dalam mengembangkan pariwisata. Hanya dengan sinergi, pengembangan pariwisata bisa lebih cepat dan optimal," demikian Jimmy.

Baca juga: Hadiri HUT ke-21 Lamandau, DPRD Kalteng minta pembangunan terus digencarkan

Baca juga: DPRD Kalteng minta Disdik tingkatkan fasilitas SMKN 2 Tewah

Baca juga: DPRD Kalteng berencana usulkan beasiswa S2 tersedia di APBD 2024

Baca juga: Legislator Kalteng: Sanitasi dan tempat penampungan korban kebakaran harus layak