Polda Kalteng edukasi pelajar di Palangka Raya terkait bijak bermedsos

id HUmas Polda Kalteng,Palangka Raya,Kalteng,Bijak Bermedia Sosial,SMAN-5 Palangka Raya,Kabid Humas Polda Kalteng,Erlan Munaji

Polda Kalteng edukasi pelajar di Palangka Raya terkait bijak bermedsos

Ketua Tim Virtual Police dari Humas Polda Kalteng Ipda Shamsudin memberikan materi terkait edukasi bijak bermedia sosial kepada ratusan pelajar di SMAN-5 Palangka Raya, Kamis (10/8/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng  

Palangka Raya (ANTARA) - Hubungan masyarakat (Humas) Polda Kalimantan Tengah mengedukasi ratusan  pelajar yang berada di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Palangka Raya, agar bijak saat menggunakan media sosial (medsos).

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan terkait materi edukasi bijak bermedsos kepada para pelajar di daerah setempat yakni stop bullying dan stop video call sex (VCS).

"Sosialisasi atau edukasi tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Virtual Police Ipda Shamsudin atau kerap disapa Cak Sam tersebut, didampingi Duta Humas Indah Restuati dan Kayla Alizabeth serta diikuti oleh ratusan pelajar dengan sangat antusias.

Baca juga: Polisi di Kalteng jadi bapak asuh warga pedalaman jadi sarjana

Dia menuturkan, kegiatan serupa selama ini dilakukan secara masif ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Palangka Raya maupun yang ada di luar kota setempat yakni sasarannya juga para pelajar.

"Kami berharap, semakin sering kami melakukan sosialisasi, maka semakin banyak pelajar yang ter edukasi sehingga tidak ada lagi pelajar yang tidak bijak bermedsos dan tidak ada lagi pelajar yang menjadi korban bullying serta korban VCS," harapnya.

Baca juga: Polwan Polda Kalteng salurkan bantuan sembako ke korban kebakaran di Palangka Raya

Ia menambahkan, para pelajar di edukasi agar tidak menyebarkan hoaks, pornografi, perjudian online, ujaran kebencian dan menyinggung suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

"Kami juga berpesan, agar tidak melakukan bullying dan VCS dengan siapapun, apalagi dengan orang yang baru dikenal di media sosial," demikian Erlan Munaji.

Baca juga: Polisi ungkap kasus fiktif program peremajaan sawit rakyat di Kalteng Rp27,5 miliar

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kegiatan serupa di kota Palangka Raya juga sering dilakukan dari jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Bahkan sudah puluhan ribu pelajar di Kalteng yang di edukasi terkait hal tersebut. Kemudian tidak hanya pelajar saja melainkan masyarakat umum juga diberikan edukasi terkait hal tersebut.

Baca juga: Polda Kalteng edukasi mahasiswa UPR terkait pencegahan kekerasan seksual

Baca juga: Artikel - Briptu Tiara Nissa Zulbidah seorang polwan lulusan terbaik di Turki

Baca juga: Polda Kalteng ajak pelajar bijak gunakan media sosial