UMPR kerja sama magang mahasiswa di Kedubes RI

id umpr,fkip,palangka raya,magang internasional

UMPR kerja sama magang mahasiswa di Kedubes RI

Dokumentasi. Dekan FKIP UMPR Hendri MPd (kanan) bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya. (ANTARA/HO-FKIP UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) -
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FKIP UMPR) bekerja sama dengan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Malaysia berupa magang mahasiswa di kancah internasional.

"FKIP UMPR dan Dubes RI untuk Malaysia telah bertemu dan membahas beberapa hal. Salah satunya magang atau praktek lapangan mahasiswa FKIP UMPR," kata Dekan FKIP UMPR Hendri MPd saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Senin.

Dia menerangkan, pembahasan kerja sama itu dilaksanakan saat rombongan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya melaksanakan kunjungan kerja ke Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur Malaysia beberapa waktu lalu.

"Kerja sama magang ini merupakan salah satu kegiatan mahasiswa di ranah internasional. Mahasiswa FKIP UMPR nantinya akan mengajar dan melaksanakan kegiatan manajerial di sekolah-sekolah di negara-negara Malaysia dan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN)," kata Hendri.

Dia mengungkapkan, sebelum masa pandemi COVID-19, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMPR secara berkesinambungan telah mengirimkan mahasiswa untuk magang ke Thailand Selatan.

"Saat ini kami kembali membuka akses untuk mahasiswa kita FKIP UMPR untuk kembali mendapatkan kesempatan melaksanakan magang di negara ASEAN seperti Malaysia dan Thailand," katanya.

Magang internasional ini salah satu upaya menjadikan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya memiliki pengalaman yang berbeda selama perkuliahan, sehingga mampu bersaing di ranah internasional.

Selain itu, magang di luar negeri menjadi salah satu bentuk program yang sejalan dengan program rektor tentang Gerakan Mahasiswa Relawan (GMR). Dalam hal ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMPR kita bergerak di tingkat internasional.

"FKIP UMPR pun terus melakukan pengembangan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri," kata Hendri.
 
Sementara itu, saat ini FKIP UMPR memiliki empat program studi yaitu S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ekonomi, S-1 Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dan S-1 Bimbingan dan Konseling (BK) dan S-2 Pendidikan Dasar.