DPW ALFI/ILFA-Pemprov bersinergi pacu pertumbuhan ekonomi di Kalteng

id Pemprov kalteng, dpw alfi ilfa kalteng, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia / Indonesian Logistics and Forwarders Association, logistik kalteng

DPW ALFI/ILFA-Pemprov bersinergi pacu pertumbuhan ekonomi di Kalteng

Ketua DPW ALFI/ ILFA Kalteng, Mariyanto D Pohan menyerahkan cenderamata kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sri Widarnani usai pembukaan Rakerwil DPW ALFI/ ILFA Kalteng di Hotel Luwansa, Kamis (24/8). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia / Indonesian Logistics and Forwarders Association (ALFI/ ILFA) Kalimantan Tengah siap bersinergi bersama pemerintah provinsi setempat dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

Adapun DPW ALFI/ILFA Kalimantan Tengah baru saja menggelar kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Tahun 2023 di Kota Palangka Raya, Kamis (24/8).

"Pemprov Kalteng menyambut baik rakerwil tersebut sebagai momentum untuk memperkuat peran strategis DPW ALFI/ILFA," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng, Sri Widanarni.

Dia mengatakan, keberadaan ALFI di Kalteng diharapkan dapat membuka peluang-peluang baru, menciptakan iklim usaha yang baik, dan terus-menerus melakukan perbaikan pelayanan (logistik).

"Kami harap DPW ALFI terus tumbuh dan berperan lebih besar dalam mendongkrak kinerja logistik dan juga investasi, khususnya di Kalimantan Tengah,” tuturnya.

Ketua DPW ALFI/ILFA Kalteng, Mariyanto D Pohan menyampaikan, sinergi dan konektivitas yang baik adalah keharusan dalam membangun perekonomian bangsa ini, khususnya di Kalteng.

Dia mengatakan, pihaknya berharap kepada gubenur agar jalur- jalur distribusi logistik ke seluruh daerah Kalimantan Tengah baik perkotaan hingga perdesaan dapat dilalui dengan mudah, lancar aman dan kondusif.

"Hal ini bertujuan agar semakin mudah sekaligus mempercepat distribusi logistik, sekaligus pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah di Kalimantan Tengah," tuturnya.

Baca juga: Sekda harapkan Kontingen Kalteng ukir prestasi dalam gelaran Popnas XVI

Dia menilai dari sisi infrastruktur untuk wilayah Kalimantan Tengah khususnya pelabuhan sudah banyak terbangun, namun aksesnya yang tampak masih perlu dikembangkan.

Selanjutnya Kalteng juga memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkat pertumbuhan ekonomi memalui jalur percepatan distribusi logistik. Oleh karenanya sangat diharapkan penambahan pembangunan maupun pengembangan potensi pelabuhan di daerah lainnya di Kalimantan Tengah.

Berkaitan hal itu, ALFI Kalteng berharap bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kalimantan Tengah untuk membangun Drypot atau Pelabuhan Kering di Kota Palangka Raya.

Drypot ini diharapkan semakin mempercepat dan mempermudah ekspor dengan ketersediaan kontainer, menekan biaya logistik dan diharapkan juga bisa dikelola serta distribusikan oleh pengusaha Kalteng.

Sementara itu, Ketua Panitia, Rony Paslah menambahkan peserta Rakerwil dan Pelantikan Pengurus DPC yg hadir berjumlah 25 orang.

DPW ALFI Kalteng berupaya agar asosiasi ini lebih dikenal oleh instansi pemerintah provinsi agar ke depan sejalan dengan program-program kerja rakerwil yang pertama ini.

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan intervensi bantuan pangan percepat penghapusan kemiskinan

Baca juga: Dihadiri jamaah berbagai daerah, Tabligh Akbar Habib Umar tingkatkan imtak kepada Allah SWT

Baca juga: Mentan dan Wagub tinjau wilayah Gunung Mas terkait upaya pengembangan food estate