Sekda harapkan Kontingen Kalteng ukir prestasi dalam gelaran Popnas XVI

id Pemprov kalteng, sekda kalteng, nuryakin, popnas XVI, palembang, pekan olahraga pelajar nasional, kalteng, kalimantan tengah

Sekda harapkan Kontingen Kalteng ukir prestasi dalam gelaran Popnas XVI

Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Tengah mengirimkan sebanyak 102 atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Tahun 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

"Kita harapkan dengan bertanding di Popnas XVI ini, mampu melahirkan atlet-atlet Kalimantan Tengah yang dapat berprestasi di tingkat nasional, dan bahkan nantinya di tingkat internasional," kata Sekretaris Daerah Nuryakin saat melepas Kontingen Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Jumat.

Kontingen Kalimantan Tengah yang mengikuti Popnas total berjumlah 208 orang, terdiri dari atlet sebanyak 102 orang, pelatih 48 orang, ofisial provinsi 11 orang, ofisial kabupaten dan kota 41 orang, tim kesehatan 4 orang, serta tim dokumentasi dan publikasi 2 orang.

Para atlet Kalimantan Tengah dalam Popnas XVI ini mengikuti sebanyak 12 cabang olahraga dari 22 cabang yang dipertandingkan, yakni angkat besi, atletik, balap sepeda, dayung, karate, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, sepak takraw, taekwondo dan tinju.

"Jadikan ajang ini sebagai pengalaman berharga, untuk mengukur sekaligus mengembangkan bakat dan kemampuan olahraga yang kalian miliki," pinta Nuryakin.

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan intervensi bantuan pangan percepat penghapusan kemiskinan

Hanya saja dia mengingatkan, dalam kompetisi tentu ada persaingan, tetapi kontingen tetap diminta menjalin silaturahmi dan menjaga solidaritas dengan saudara-saudara setanah air.

"Kegiatan Popnas di Palembang berlangsung selama 10 hari. Jaga kesehatan fisik dan mental, makan teratur, dan beristirahatlah yang cukup," sambungnya.

Ketua Kontingen Popnas Kalimantan Tengah Adi Nur Fajar menyampaikan, keikutsertaan provinsi setempat dalam ajang Popnas XVI di Kota Palembang kali merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) yang telah dilaksanakan 27 Juni-3 Juli 2022 di Kota Palangka Raya.

Selain itu menindaklanjuti hasil seleksi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Zona III Tahun 2022 di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada 26 Oktober-2 November 2022, serta hasil Kejuaraan Nasional Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (Kejurnas PPLP) 2023.

"Melalu keikutsertaan kita ini, diharapkan semakin memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar di Kalimantan Tengah. Sekaligus untuk diperolehnya bibit-bibit atlet pelajar potensial dan unggul," tuturnya.

Baca juga: Dihadiri jamaah berbagai daerah, Tabligh Akbar Habib Umar tingkatkan imtak kepada Allah SWT

Baca juga: Mentan dan Wagub tinjau wilayah Gunung Mas terkait upaya pengembangan food estate

Baca juga: Dislutkan Kalteng gandeng DAD dalam pengawasan sumber daya KP