Bank Kalteng berpartisipasi semarakkan Jambore UMKM 2023

id Bank kalteng, bank pembangunan kalteng, direktur pemasaran dan bisnis bank kalteng, marzuki, jambore umkm, kalteng, kalimantan tengah

Bank Kalteng berpartisipasi semarakkan Jambore UMKM 2023

Direktur Pemasaran dan Bisnis PT Bank Kalteng Marzuki (enam dari kiri) bersama Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy (lima dari kanan), Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalteng Taufik Saleh (enam dari kanan), bersama lainnya di depan stan Bank Kalteng pada Jambore UMKM wilayah barat di Pangkalan Bun, Selasa, (5/9/2023). (ANTARA/Safitri RA)

Pangkalan Bun (ANTARA) - PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah (Bank Kalteng), turut berpartisipasi menyemarakkan kegiatan Jambore UMKM wilayah barat di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

"Jambore UMKM wilayah barat ini sangat luar biasa, karena setiap penyelenggaraannya ini selalu di atas 5.000 UMKM yang terlibat, dan kami sangat mendukung kegiatan ini," kata Direktur Pemasaran dan Bisnis PT Bank Kalteng Marzuki, Selasa.

Marzuki berharap, dengan adanya kegiatan Jambore UMKM ini, dengan dilibatkannya para pelaku UMKM di wilayah barat, dapat membantu mereka (pelaku usaha) salah satunya untuk memasarkan produk-produk unggulan yang berasal dari daerahnya masing-masing.

Dia mengatakan, Bank Kalteng memiliki konsep yang baru saja digagas dalam tiga bulan ini untuk membantu para pelaku UMKM. Program tersebut adalah Selalu Berkah yang artinya sentra layanan pelaku usaha berkah.

"Seperti ibu-ibu pelaku usaha, kita himpun dan diberikan akses pendampingan usaha," ucapnya.

Baca juga: Bank Kalteng raih penghargaan bergengsi pada BIFA dan Infobank Award 2023

Lanjutnya, tidak hanya sebatas pendampingan saja, namun juga diberikan pelatihan bagi para pelaku UMKM dalam waktu dekat. Pelatihan tersebut, misalnya berupa pengelolaan keuangan, pelatihan pembukuan, hingga persediaan barang dagangan.

Kemudian bisa juga pelatihan maupun edukasi lainnya seperti bagaimana melakukan penentuan merek yang bagus, pengemasan produk, maupun pelatihan memasarkan produk di era digitalisasi.

"Melalui Betang Mobile juga sudah bisa mengajukan pinjaman melalui akses mobile banking kita, yaitu aplikasi Sistem Informasi Pinjaman (SIP), bisa langsung mengakses di sana dan tidak manual lagi," jelasnya.

Baca juga: Bank Kalteng berpartisipasi sukseskan Harvesting Gernas BBI-BBWI

Selain itu pihaknya juga akan melakukan penurunan terhadap suku bunga yang sangat murah yakni dari 3 persen menjadi 1,5 persen nanti, yaitu untuk Kredit UMKM Berkah tanpa agunan maksimal 15 juta.

"Itu merupakan arahan dari bapak gubernur, dan untuk syaratnya harus berkelompok supaya saling mendidik, saling menguatkan dan memotivasi UMKM Berkah," terangnya.

Tak lupa juga, Marzuki mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalimantan Tengah atas dukungan selama ini terhadap Bank Kalteng.

"Bank Kalteng ini, selaku Bank uluh itah milik kita kebanggaan bersama, jadi kita harus tumbuhkan bersama-sama," ajaknya.

Baca juga: Bank Kalteng fasilitasi 11 UMKM di Kalteng Expo 2023

Lebih lanjut dia menyampaikan, di tahun ini Bank Kalteng secara kredit sudah tumbuh di atas 11 persen, bahkan kredit UMKM tumbuh di atas 53 persen, dan ini merupakan optimisme yang sangat tinggi pasca kebangkitan dari pandemi COVID-19.

"Yang artinya UMKM kita sangat tumbuh pesat, bangkit semoga harapannya sesuai dengan tema Jambore UMKM kita, yaitu UMKM naik kelas maju berjaya go digital," tegasnya.

Hal tersebut disampaikan pada saat menghadiri pembukaan Jambore UMKM wilayah barat, yang resmi dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Gedung Antakusuma, Pangkalan Bun Park.

Baca juga: Bank Kalteng raih predikat Excellent dan Golden Award pada ajang TOP BUMD 2023

Baca juga: Kinerja Bank Kalteng terus tunjukkan tren positif hingga 2023