DPRD Seruyan minta Pemkab tingkatkan daya saing produk nelayan

id DPRD Seruyan ,Muhammad Aswin

DPRD Seruyan minta Pemkab tingkatkan daya saing produk nelayan

Wakil Ketua II DPRD Seruyan, Muhammad Aswin. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Kalimantan Tengah, terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan para nelayan sehingga mampu berdaya saing dalam mengolah produk-produk hasil tangkapannya.

Wakil Ketua II DPRD Seruyan Muhammad Aswin di Kuala Pembuang mengatakan, sebagian besar warga Seruyan menggantungkan hidupnya dari sektor perikanan.

Sehingga kata dia, sangat penting untuk terus dilakukan pembinaan, khususnya untuk pengolahan produk-produk perikanan hasil tangkap maupun budi daya menjadi produk yang lebih menguntungkan.

Melalui berbagai produk olahan tersebut, nelayana tidak serta merta menjual ikan segar ke pasar, tetapi juga menjadi mampu mengolahnya menjadi produk-produk yang bernilai ekonomis tinggi.

Saat ini, berbagai produk olahan berbahan baku ikan, sudah berkembang cukup bagus di Seruyan, seperti kerupuk, amplang dan lainnya sebagainya.

Diharapkan, produk-produk tersebut terus berkembang, sehingga bisa mendorong tumbuhnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Seruyan, dan produk-produk makanan berbahan ikan, akan menjadi salah satu produk unggulan daerah.

Bukan hanya meningkatkan kualitas produk, diharpakan pemerintah juga mendorong peningkakatan kemasan, sehingga produk UMKM Seruyan, bisa bersaing bukan hanya ditingkat lokak, tetapi juga nasiona.

Saat ini, produk amplang maupun kerupuk ikan asal Seruyan, cukup dikenal enak dan gurih di Kalimantan Tengah. Makanan khas Kalimantan tersebut, menjadi salah satu favorit oleh-oleh warga Kalteng untuk dibawa ke berbagai daerah di Kalteng maupun provinsi tetangga.

Menurut Aswin, budi daya ikan oleh masyarakat di Kabupaten Seruyan sudah berjalan cukup lama,  oleh karena itu perlu adanya pembinaan dan pendampingan terhadap nelayan tangkap.