Erick Thohir mengaku punya hubungan baik dengan Prabowo, Ganjar, dan Anies

id Erick Thohir,Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo,Anies Baswedan

Erick Thohir mengaku punya hubungan baik dengan Prabowo, Ganjar, dan Anies

Tangkapan layar - Menteri BUMN RI Erick Thohir saat berpidato dalam Peresmian Renovasi TMII diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (1/9/2023). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Erick Thohir mengaku memiliki hubungan baik dengan tiga nama bakal calon presiden (capres), yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, dan menyebut ketiganya merupakan tokoh terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini.

"Saya punya hubungan baik dengan ketiganya. Dengan Pak Prabowo, karena sama-sama di kabinet, kami kerja sama mengenai industri pertahanan, korupsi (PT) Asabri kami bongkar bersama, ada peran jaksa agung dan dukungan pak presiden," kata Erick Thohir dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengatakan dirinya juga pernah berkolaborasi dengan mantan gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam menerjemahkan keinginan Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan kawasan industri di Batang, Jawa Tengah.

Erick menilai hal tersebut sebagai bentuk sinergisme antara Pemerintah pusat, melalui BUMN, dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat dipimpin oleh Ganjar.

Baca juga: Erick Thohir akan lobi izin pemain ke klub jika timnas U-23 lolos Piala Asia

Selain itu, Erick pun mengaku memiliki hubungan baik dengan mantan gubernur DKI Jakarta Anies. Menurut Erick, dia dan Anies bersama-sama membangun ekosistem moda transportasi publik yang terintegrasi di Jakarta.

Namun demikian, Erick menghargai Anies yang telah memilih Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres.

"Kalau Pak Anies sendiri sudah 'menikah', masa kita (saya) godain yang sudah nikah? Janganlah. Kalau sudah nikah, jangan diganggu, walaupun kita lagi sendirian. Kita yakinlah pasti bertemu pasangan, seperti lagunya Afgan, 'Jodoh Pasti Bertemu'," ucap Erick.

Dia pun mengatakan memiliki kriteria dalam berpasangan untuk Pilpres 2024. Kriteria pertama, kata Erick, perlu persetujuan dari partai koalisi dan adanya kesamaan visi dan misi atau chemistry. Selain itu, Erick juga menyebut pentingnya kesamaan program atau kebijakan hingga tim yang solid.

Baca juga: Erick berupaya kualitas wasit PSSI di level tinggi

"Karena kesuksesan saya di mana pun, karena saya membentuk tim, mau di media, olahraga, sekarang di Kementerian BUMN, itu karena tim, bukan individu," kata Erick.

Dia menyatakan bahwa kemungkinan dirinya maju sebagai bakal cawapres masih terbuka. Namun, dia saat ini memilih untuk fokus bekerja menjaga amanah masyarakat dan Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju.

"Yang paling penting buat saya, ketika kita berpasangan itu, juga jangan sampai dibutakan mata kita hanya kekuasaan tetapi tidak memberikan kontribusi besar bagi bangsa," ujarnya.

Baca juga: PAN tetap konsisten dukung Erick Thohir sebagai cawapres Prabowo

Baca juga: Menteri Erick Thohir alternatif cawapres potensial untuk Ganjar

Baca juga: Erick Thohir enggan berpolemik dan lebih pilih cari solusi