Legislator Barito Utara dukung akreditasi Puskesmas Kandui

id dprd ,akreditasi puskesmas kandui,karianto saman,puskesmas,pustu,barito utara,kalteng,akreditasi

Legislator Barito Utara dukung akreditasi Puskesmas Kandui

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara Karianto Saman menghadiri kegiatan penilaian RE Akreditasi FKTP di Puskemas Kandui, Kecamatan Gunung Timang, Jumat (29/9/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Barito Utara Karianto Saman  menyambut baik kegiatan penilaian RE Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)  Puskesmas Kandui, Kecamatan Gunung Timang yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan setempat.

"Sebagai wakil rakyat, kami sangat mendukung upaya Dinas Kesehatan dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan,” kata Karianto Saman di Puskesmas Kandui, Jumat (29/9).

Dikatakannya bahwa DPRD dapat berperan dalam memfasilitasi kolaborasi antara Puskemas, Dinas Kesehatan dan lembaga terkaitnya. Dalam peningkatan Akreditasi Puskemas di Kabupaten Barito Utara. 

Dirinya juga berharap dengan adanya proses akreditasi ini juga dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan dasar masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Gunung Timang yang transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan puskesmas.

"Tidak kalah pentingnya kita perlu memastikan bahwa puskesmas memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi standar akreditasi termasuk SDM yang kompeten dan peralatan kesehatan yang memadai," katanya.

Menurut dia, Puskesmas harus memiliki standar nasional mutu pelayanan kesehatan yang ditetapkan untuk akreditasi guna menjaga kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dengan menerapkan prosedur standar yang baik sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan.

Untuk diketahui bentuk wujud dukungan dari DPRD Kabupaten Barito Utara dalam memfasilitasi peningkatkan fasilitas bangunan Pustu di wilayah kerja Puskesmas Kandui diantaranya tahun 2022 pemasangan paving halaman Pustu di Desa Jaman dan pada tahun 2023 rehap total pembangunan baru Pustu Sangkorang.