Statistik MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island

id motogp ,australia,sirkuit philip island,sirkuit mandalika

Statistik MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island

Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins melaju di depan para pembalap lainnya saat balapan MotoGP Australia GP di Phillip Island Grand Prix Circuit, Phillip Island, Australia, Minggu (16/10/2022). Meski start dari posisi 10, Alex Rins akhirnya berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan pembalap Ducati Levono Francesco Bagnaia. ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/aww.

Jakarta (ANTARA) - Beralih dari Sirkuit Internasional Mandalika yang terik, para pembalap MotoGP 2023 akan melanjutkan perjalanan mereka ke Sirkuit Phillip Island yang sejuk di tenggara Melbourne, Australia, akhir pekan ini.


Phillip Island akan menjadi tuan rumah bagi putaran ke-16 untuk MotoGP musim ini, dan tahun ini menandai ke-27 kalinya Grand Prix Australia diadakan di sirkuit ini sejak pertama kali pada tahun 1997.

Pembalap tuan rumah telah meraih 10 kemenangan GP di Sirkuit Phillip Island. Mereka adalah Casey Stoner (2007-2012 untuk kelas MotoGP), Wayne Gardner (1989 dan 1990 di kelas 500cc), Mick Doohan (1998 di kelas 500cc) dan Jack Miller (2014 di kelas Moto3).

Pembalap Australia terakhir yang naik podium di Phillip Island di kelas mana pun adalah Miller, yang finis P3 di MotoGP Australia pada tahun 2019.

Sirkuit Phillip Island
Panjang lintasan: 4,45 km
Jarak balapan: 27 putaran atau 120,1 km
Pemenang MotoGP Jepang 2022: Alex Rins (Suzuki)
Pole position 2022: Jorge Martin (Prima Pramac, 1'27,767)

Adapun pembalap tersukses di sirkuit ini adalah Valentino Rossi yang membukukan sebanyak delapan kemenangan sepanjang kariernya, termasuk lima kali menang di kelas premier. Catatan Rossi diikuti oleh Casey Stoner dengan enam kemenangan, lalu Marc Marquez dengan empat kemenangan secara keseluruhan.

Lebih lanjut, ada Brad Binder, Marco Melandri, Jorge Lorenzo, dan Alex Rins dengan masing-masing memiliki tiga kemenangan secara keseluruhan di Phillip Island.

Jika Marc Marquez berhasil keluar sebagai juara akhir pekan ini, maka ini akan menandai kemenangan pertamanya sejak MotoGP Emilia-Romagna di tahun 2021, atau 728 hari sejak saat itu.

Selain itu, Phillip Island juga akan menjadi tempat bersejarah bagi tim balap Ducati. Jika ada pembalap Ducati yang meraih pole pada babak kualifikasi nanti, maka ini akan menandai 12 kali pembalap tim Italia itu untuk keluar sebagai polesitter.

Jika Francesco Bagnaia memenangkan balapan di Australia pada hari Minggu, itu akan menjadi kemenangan ketujuhnya pada tahun 2023, menyamai rekornya dalam satu musim MotoGP yang dibuat tahun lalu. Dengan 10 podium pada tahun 2023, ia telah menyamai rekor podiumnya yang juga diraih pada tahun 2022.

Jika Jack Miller atau Maverick Vinales memenangkan balapan GP, mereka akan menjadi pembalap pertama yang menang dengan motor dari tiga pabrikan berbeda sejak tahun 2002.

Tak hanya itu, pembalap Aprilia dan KTM juga memiliki potensi untuk memberi pabrikan mereka kemenangan perdananya di kelas premier di Phillip Island.