JO1 unjuk kemampuannya berbahasa Indonesia

id JO1,Kimata Syoya,Kinjo Sukai ,jpop

JO1 unjuk kemampuannya berbahasa Indonesia

Grup idola J-pop JO1 (ANTARA/Twitter/@official_jo1)

Jakarta (ANTARA) - Dua personel idola J-pop JO1 yakni Kimata Syoya dan Kinjo Sukai menunjukkan kemampuan mereka mengucapkan kata dan frasa dalam Bahasa Indonesia menjelang pertemuan perdana mereka bersama grupnya dengan para penggemar atau disapa JAM di Indonesia dalam konser solo awal bulan November 2023.

Hal ini seperti diungkap melalui video yang diunggah di laman Twitter (X) resmi grup pada Senin.

Kinjo Sukai mengatakan ingin berlatih Bahasa Indonesia agar bisa berkomunikasi dengan JAM di Jakarta. Dia dan Kimata Syoya kemudian masing-masing secara bergantian mengenalkan diri dalam menggunakan kata dalam Bahasa Indonesia.

Baca juga: JO1 luncurkan 'Romance' sebagai lagu tema untuk drama baru

Kimata Syoya mengatakan "Aku Syoya", tunggu kami ya", dilanjutkan Kinjo Sukai yang menuturkan, "Aku SKY Aku ingin segera bertemu dengan kalian".

Kata-kata ini sudah mereka tuliskan dalam selembar kertas.

"Menurutku, ini lebih mirip Bahasa Inggris atau seperti Bahasa Romawi, cukup mudah untuk menulisnya," kata Kimata Syoya mengomentari apa yang dia baca.

Kimata Syoya kemudian mengatakan sudah menyiapkan beberapa kata yang bisa diucapkan saat menjadi pembawa acara untuk konser nanti, yakni "Semuanya, apa kabar?", "Aku suka sekali JAM" dan "Sampai bertemu lagi" yang dia ucapkan berbarengan dengan Kinjo Sukai.

Baca juga: JO1 dinobatkan sebagai artis Asia favorit 2022

Kata-kata lain yang juga Kimata Syoya ucapkan yakni kata "enak" dan "nasi goreng", suatu hidangan populer di Indonesia yang menurut dia memiliki rasa tak asing di lidah orang Jepang.
 
Sebelumnya, dalam wawancara dengan ANTARA pada 9 Oktober lalu, Kimata Syoya sempat mengucapkan kata "enak" saat ditanya mengenai hidangan Indonesia yang dia sukai, yakni sate. Dia juga menuturkan kata "selamat siang" di awal sesi wawancara.

Masih terkait Bahasa Indonesia, dia bersama Shiroiwa Ruki juga dalam pesan video untuk JAM pernah mengucapkan "Hai JAM INDONESIA. Saat ini, Indonesia panas banget ya. Jaga kesehatan kalian ya. Tunggu kami di Jakarta Dadah".
Baca juga: Ini penyebab JO1 batal ikut KCON LA


Kurang lebih hampir sepekan lagi, JO1 dijadwalkan mengadakan konser di Jakarta bertema "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada 1 November 2023, yang menjadi bagian dari rangkaian tur konser Asia pertama mereka.

Jakarta akan menjadi kota di Asia Tenggara yang pertama kali disambangi grup beranggotakan 11 personel yakni Yonashiro Sho, Kawashiri Ren, Sato Keigo, Shiroiwa Ruki, Kono Junki, Kawanishi Takumi, Ohira Shosei, Kimata Syoya, Kinjo Sukai, Tsurubo Shion dan Mamehara Issei itu dalam rangkaian tur tersebut.

Kono Junki sempat mengatakan dia dan tim sangat menantikan konser di Indonesia karena ini merupakan kunjungan pertama mereka.

"Kami semua sangat menantikan konser di Indonesia. Ini pertama kalinya kami ke sana. Itu yang terpikirkan. Kami juga mempersiapkan tur konser di Asia, tidak hanya di Jepang saja dan dan ini sangat menarik. Tentunya kami senang," demikian kata dia.

 

Bincang-bincang bersama lima personel grup idola J-pop JO1

Baca juga: JO1 luncurkan trailer 'JO1 THE MOVIE'

Baca juga: JO1 siap merilis single kelima 'WANDERING' pada akhir tahun

Baca juga: Ini alasan Sukai JO1 rehat dari aktivitas grup