Peringatan HKN di Kotim momentum merekatkan hubungan insan kesehatan

id Peringatan HKN di Kotim momentum merekatkan hubungan insan kesehatan, kalteng, kotim, Kotawaringin Timur, kesehatan, hari kesehatan nasional

Peringatan HKN di Kotim momentum merekatkan hubungan insan kesehatan

Perlombaan bola voli yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur untuk memperingati HKN ke-59, Rabu (08/11/2023). ANTARA/Dok.BPBD Kotim

Sampit (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023, bertujuan untuk merekatkan hubungan kekeluargaan insan kesehatan di wilayah tersebut.

“Ada beberapa kegiatan yang kami gelar menyambut HKN tahun ini, seperti lomba voli dan tenis meja hari ini, selain meningkatkan kebugaran juga merekatkan kekeluargaan antarinsan kesehatan,” kata Ketua Panitia Peringatan HKN ke-59 di Kotim Nugroho Kuncoro Yudho di Sampit, Rabu.

Ia menuturkan, melalui momentum HKN kali ini pihaknya ingin meningkatkan kebugaran dan kesehatan para tenaga kesehatan (nakes) agar bisa melaksanakan tugas sebagaimana mestinya dan bisa melayani masyarakat dengan baik. Jika nakes tidak sehat, maka pelayanan kesehatan pun tidak akan maksimal.

Selain itu, pihaknya ingin menjalin silaturahim antarnakes. Menurutnya, selama ini para nakes terjebak dengan rutinitas sehari-hari, sehingga jarang bertemu, bahkan hampir tidak kenal dengan sesama nakes dari unit lainnya. 

Dengan rangkaian kegiatan ini juga diharapkan bisa mengurangi jarak antargenerasi. Karena baik tua maupun muda diharapkan bisa saling membantu untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Baca juga: Legislator Kotim minta sistem antrean pasien di RSUD Murjani dibenahi

“Melalui kegiatan ini diharapkan mereka bisa saling kenal dan saling melengkapi, terutama antara yang muda dan tua. Kalau tidak ada kegiatan seperti ini antargenerasi itu seolah terpisah,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kotawaringin Timur ini menyampaikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam menyambut HKN ke-59 di Kotim, antara lain lomba bulu tangkis, voli, dan tenis meja pada 8-11 November, yang diikuti seluruh puskesmas, rumah sakit, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KPP), BPJS Kesehatan, dan Universitas Muhammadiyah Sampit (Umsa) jurusan kebidanan.

Lomba video penyuluhan terkait DBD dalam rangka antisipasi penyakit DBD yang ditujukan untuk kalangan pelajar dan lomba mewarnai untuk anak-anak TK.

Selanjutnya, pada tanggal 11 November 2023 akan digelar bakti sosial di Desa Regei Lestari, Kecamatan Teluk Sampit, berupa layanan kesehatan gigi dan mulut, kesehatan ibu hamil, dan pasien berpenyakit. Kemudian, puncak acara digelar pada 12 November 2023  di Taman Kota Sampit.

Nugroho menambahkan, dengan melibatkan masyarakat pada peringatan HKN ke-59 ini pihaknya ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan rutin mengecek kesehatan dan menjaga pola makan serta hidup sehat.

Baca juga: BPBD Kotim siapkan langkah mitigasi bencana saat musim hujan

Baca juga: Petani di Sampit waswas orang utan berkeliaran masuk kebun

Baca juga: Pemkab Kotim minta Bawaslu perhitungkan rencana penertiban APS