Kembali memakai lensa kontak harian, ini risiko pada mata

id Lensa kontak,Lensa mata

Kembali memakai lensa kontak harian, ini risiko pada mata

Ilustrasi lensa kontak (ANTARA/Pexels/Nataliya Vaitkevitch)

Jakarta (ANTARA) - Jika Anda menggunakan lensa kontak harian, lensa tersebut dimaksudkan untuk dipakai pada siang hari, kemudian dibuang sebelum Anda tidur, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).
 
Ditulis laman Livestrong, Minggu (19/11), lensa kontak harian seharusnya hanya digunakan sekali, namun jika dipakai berulang kali pada mata Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan mata ringan hingga parah, termasuk infeksi mata, gangguan iritasi, abrasi, dan masalah penglihatan, hingga kebutaan dalam kasus yang jarang dan parah.
 
“Lensa sekali pakai sehari-hari tidak dirancang untuk dibersihkan dan tahan terhadap penumpukan seperti lensa yang dapat digunakan kembali,” kata seorang dokter mata yang berbasis di Brooklyn LaTasha Lawrence, OD.

Baca juga: Gunakan lensa kontak higienis agar terhindar parasit mata
 
Ia juga menambahkan melepaskan lensa harian, menyimpannya dan kemudian mencoba memakainya kembali dapat menimbulkan iritasi pada mata yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal dan atau kemerahan.
 
Bukan ide yang baik untuk memakai kembali lensa kontak setiap hari atau melewati waktu yang disarankan. Jadi jika Anda berada dalam keadaan darurat dan tidak ada kemungkinan dapat memasangkan sepasang kontak baru, Lawrence menyarankan untuk tidak memakai lensa kontak sama sekali.
 
"Tipsnya adalah memakai kacamata jika Anda kehabisan lensa atau lupa membawa barang ekstra saat bepergian,” kata Lawrence.
 
Ini juga menjadi satu alasan mengapa Anda harus selalu memiliki dan bepergian dengan kacamata dengan resep terbaru.
 
Mengenakan kembali atau tidur dalam keadaan memakai lensa dapat meningkatkan risiko terkena infeksi mata yang serius dan membahayakan kesehatan mata dan penglihatan Anda.
 
Lensa kontak sekali pakai sehari-hari dapat dipakai dengan aman antara delapan hingga 16 jam setiap hari, menurut Lawrence.

Baca juga: Ingin pakai lensa kontak? Perhatian empat hal ini
 
“Jumlah waktu yang tepat akan bergantung pada kesehatan mata secara keseluruhan dan seberapa kering atau sensitifnya mata Anda,” katanya.
 
Penting untuk melepas lensa kontak di penghujung hari agar mata bisa bernapas.
 
Mata Anda perlu istirahat sama seperti bagian tubuh lainnya, kata Lawrence. Lensa kontak dapat dipakai dengan aman setiap hari, namun tidak boleh dipakai sepanjang hari.
 
“Kornea Anda memerlukan beberapa jam per hari untuk menerima oksigen dari udara tanpa lensa kontak berada di sana, dan tidur tidak dihitung karena mata harus terbuka. Memakainya dalam jangka waktu lama dapat secara signifikan mengurangi jumlah oksigen yang diterima mata, yang dapat menyebabkan komplikasi,” kata Lawrence.
 
Jika Anda memiliki lensa kontak yang bisa untuk dipakai kembali, CDC mengatakan untuk melepasnya setiap malam, menggosok dan membilasnya dengan larutan lensa kontak dan menempatkannya dalam wadah yang bersih dan jangan lupa untuk mengganti wadah lensa kontak secara teratur juga.