Pj Bupati Barut minta masyarakat tingkatkan kreativitas tradisi budaya

id balai kesenian,Tingang Tampuk Jariangau,pokdarwis,desa kandui ,gunung timang,barito utara,kalteng,pj bupati,tradisi budaya

Pj Bupati Barut minta masyarakat tingkatkan kreativitas tradisi budaya

Pj Bupati Barito Utara Muhlis didampingi Pj Ketua TP PKK Barito Utara, anggota DPRD, unsur FKPD, Kadis Budparpora meresmikan Balai Budaya di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Kamis (23/11/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pj Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis meresmikan Balai Kesenian Tingang Tampuk Jariangau dan Pengukuhan Pokdarwis Antai Bekeruku dan pembukaan sosialisasi Sadar Wisata Sapta Pesona Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.

“Saya berharap dengan telah dibangun dan diresmikannya balai kesenian ini nantinya mampu mendorong, memotivasi dan meningkatkan kreativitas masyarakat untuk menginterpretasikan kembali tradisi budaya di daerah setempat,” kata Muhlis di Desa Kandui, Kamis

Menurut dia, hal itu agar lebih bergairah dalam menciptakan kesenian daerah yang inovatif serta menjadi sarana bagi pelaku seni dan budaya untuk terus berkarya menggali dan melestarikan adat, budaya serta kesenian daerah. 

"Selain pemanfaatan balai kesenian, pemerintah daerah juga berharap pemeliharaan dan perawatan agar balai ini tetap terjaga," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Annisa Cahyawati mengatakan bahwa kegiatan ini adalah merupakan salah satu implementasi tugas dan fungsi Disbudparpora Barito Utara dalam pembangunan sektor pariwisata.

“Dan kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi proyek perubahan yang saat ini sedang kami ikuti sehubungan dengan PKN II angkatan XXIX Angkatan XXIX BPSDM Kemendagri RI tahun 2023,” kata Annisa.

Dikatakannya, bahwa ini sesuai dengan rancangan proyek perubahan bahwa diminta membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) minimal dalam jangka pendeknya tiga Pokdarwis. 

"Alhamdulillah pada hari ini sudah tiga Pokdarwis sudah terbentuk dan diharapkan nanti Pj Bupati dapat mengukuhkan Pokdarwis tersebut,” katanya.

Sebelumnya, kata dia, untuk kegiatan sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona telah dilaksanakan dan diikuti sebanyak 34 orang dan juga diikuti pengurus desa dan tokoh pemuda, tokoh masyarakat sesuai dengan tufoksi Pokdarwis tersebut.

Kadis Budparpora juga momohon kepada Pj Bupati Muhlis nantinya untuk meresmikan Balai Seni Budaya Tingang Tampuk Jariangau yang mana ini merupakan aspirasi dari anggota DPRD Barito Utara Rujana Anggraini. 

“Terima kasih kepada ibu Hj Rujana Anggraini, di mana beliau selama ini sudah memberikan suport kepada Budparpora untuk pembangunan sektor pariwisata di daerah ini,” ujar Annisa Cahyawati.