DPRD dorong pengembangan pertanian di Bintang Awai dan Dusun Utara

id dprd barito selatan, putri siti rochmawati, pertanian barito selatan, gunung bintang awai, dusun utara, buntok, barsel, barito selatan

DPRD dorong pengembangan pertanian di Bintang Awai dan Dusun Utara

Anggota DPRD Barito Selatan, Putri Siti Rochmawati. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Putri Siti Rochmawati mengharapkan pemerintah kabupaten setempat terus mengembangkan sektor pertanian.
 
"Hal itu mengingat jumlah lahan pertanian seperti di Desa Wayun, Palurejo, dan Ugang Sayu, Kecamatan Gunung Bintang Awai sudah berkurang," katanya di Buntok, Jumat.
 
Dia mengharapkan, agar pemerintah kabupaten dapat mengembang sektor pertanian pada sejumlah desa lainnya di wilayah Kecamatan Gunung Bintang Awai.
 
"Ini dilakukan agar pertanian khususnya di wilayah Gunung Bintang Awai dan Dusun Utara bisa menjadi salah satu lumbung pangan bagi Barito Selatan," ujarnya.
 
Selain itu, ia juga mendorong Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) terus meningkatkan jalan usaha tani di daerah ini seperti di Desa Ugang Sayu, Gagutur dan Marga Jaya.

Baca juga: Turunkan kemiskinan ekstrem dan terima penghargaan Wapres RI, Barsel terima Insentif Fiskal
 
Dikatakannya, peningkatan jalan usaha tani ini juga sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah kabupaten dalam mendukung sektor pertanian dan perkebunan.
 
Ia berharap peningkatan dan pembenahan itu dapat dilakukan secara bertahap, agar bisa merata untuk sejumlah sentra pertanian yang ada di sejumlah desa yang tersebar di enam kecamatan.
 
Menurut dia, peningkatan dan pembenahan jalan usaha tani ini dilakukan dalam upaya memudahkan para petani pada sejumlah desa melakukan berbagai aktivitasnya.
 
"Termasuk juga memudahkan para petani dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunannya," ucap politisi dari Partai Demokrat Barito Selatan ini.
 
Selain itu ia juga mengapresiasi Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Barito Selatan yang selama ini telah melakukan sejumlah langkah dalam meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan.
 
"Seperti menyerahkan bantuan bibit padi kepada kelompok tani dan juga memberikan bantuan dalam bidang perikanan, maupun meningkatkan kapasitas sumber daya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," demikian Putri Siti Rochmawati.

Baca juga: Guru TK-PAUD disejumlah desa di Barsel harapkan dapat SK dari dinas Pendidikan

Baca juga: Infrastruktur masih mendominasi usulan masyarakat, kata Anggota DPRD Barsel

Baca juga: APBD Barsel 2024 mengalami peningkatan sebesar Rp385 miliar