Pegawai rumah sakit dilatih kemampuan tangani kebakaran di Palangka Raya

id Dinas Damkar Palangka Raya,Pegawai rumah sakit ,Gloriana Aden

Pegawai rumah sakit dilatih kemampuan tangani kebakaran di Palangka Raya

Dokumentasi. Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (kanan) bersama Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya (kiri) Gloriana memeriksa perlengkapan sarana Damkar di kota setempat, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terus berupaya meningkatkan kemampuan pegawai rumah sakit swasta dalam upaya kewaspadaan dan antisipasi terhadap potensi ancaman kebakaran gedung dan bangunan.

"Sudah menjadi tugas dan kewajiban Dinas Damkar memberikan edukasi sejak dini kepada siapa pun mengenai antisipasi pencegahan kebakaran di lingkungan kerja, baik instansi pemerintah maupun swasta," kata Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Gloriana Aden di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, upaya peningkatan kemampuan petugas rumah sakit itu merupakan bagian dari memperkuat ketanggapan terhadap bencana, dalam hal ini dengan simulasi pemadaman dan evakuasi saat kebakaran.

Pelatihan melibatkan 70 pegawai itu juga untuk menjalin komunikasi dan cepat tanggap terhadap ancaman kebakaran di lingkungan rumah sakit.

"Nantinya seluruh petugas dapat cepat tanggap jika terjadi kebakaran. Sehingga dapat meminimalkan potensi dan risiko yang dihadapi, baik untuk pasien, keluarga pasien maupun pegawai rumah sakit," katanya.

Dia menerangkan, selain simulasi penanganan kebakaran, pelatihan juga berupa teori, pengenalan alat dan jenis alat pemadam kebakaran, pemanfaatan dan penanganan pasca penggunaan alat pemadam kebakaran.

"Pelatihan pemadaman api ini dilakukan menggunakan karung goni, alat pemadam api ringan (APAR) dan pemadaman kebakaran menggunakan hydrant," kata Gloriana.

Bagi yang tidak biasa, maka akan takut, namun setelah dapat bimbingan dari tim Damkar, mereka dengan sendirinya berani secara langsung memadamkan api yang sedang berkobar.

Pihaknya berharap, dengan adanya pelatihan ini maka pegawai rumah sakit swasta di Kota Palangka Raya itu memiliki kemampuan untuk melakukan pemadaman api.

"Bila sewaktu-waktu di lingkungan kerja terjadi kebakaran, pegawai sehingga mereka telah siap melakukan pemadaman sendiri sebagai langkah utama antisipasi dan penanganan," katanya.