Sinar Mas Agribusiness and Food buka beasiswa dan kesempatan berkarir

id Sinar Mas Agribusiness and Food, beasiswa, karir, beasiswa sinar mas, perkebunan, kelapa sawit, palangkaraya, kalteng, kalimantan tengah

Sinar Mas Agribusiness and Food buka beasiswa dan kesempatan berkarir

Sinar Mas Agribusiness and Food buka beasiswa dan kesempatan berkarir. (ANTARA/HO-Sinar Mas Agribusiness and Food)

Palangka Raya (ANTARA) -
Sinar Mas Agribusiness and Food pada 2024 telah membuka pendaftaran beasiswa kepada 45 talenta muda lulusan SMA sederajat dari seluruh penjuru Indonesia untuk mengikuti program Diploma Tiga (D3) di Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB).
 
"Selain menawarkan kesempatan belajar tanpa pungutan biaya, beasiswa ini juga membuka peluang karir di Sinar Mas Agribusiness and Food," kata Head of Learning and Development Sinar Mas Agribusiness and Food, Dodi Mulyanto dalam pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Rabu.
 
Terdapat dua program pilihan dalam beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2024, yakni SMART Agro untuk studi perkebunan dan SMART Mills untuk studi pabrik pengolahan.
 
Para peserta akan mendapat pendidikan terpadu dari akademisi di lingkungan kampus maupun praktisi di ranah industri. Beasiswa ini bertujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) agribisnis yang cerdas dan terampil sesuai tantangan zaman yang dinamis.
 
Dia mengatakan, hingga 2023 terdapat 623 pelajar yang telah menerima beasiswa dari perusahaan. Benefit yang mereka peroleh antara lain biaya pendidikan penuh, dukungan biaya hidup per semester, kesempatan magang di perkebunan perusahaan, serta peluang karir setelah lulus kuliah bagi para peserta terbaik.
 
Selama perkuliahan, peserta tidak hanya mendapat materi di dalam kelas, tetapi juga praktik kerja lapangan dan magang di perusahaan.
 
"Hal ini bertujuan meningkatkan kemampuan teknis, beradaptasi dengan budaya di lingkungan kerja, serta membina kemampuan manajerial dan kepemimpinan. Setelah lulus kuliah, peserta juga berkesempatan untuk ditempatkan langsung sebagai asisten di unit perusahaan,” ujarnya.

Baca juga: Jalur kemitraan percepat program Peremajaan Sawit Rakyat
 
Menurut Dodi, beasiswa ini bukan hanya mengajak talenta muda untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang agribisnis, tetapi juga untuk berkontribusi memajukan bangsa Indonesia di bidang tersebut.
 
“Kita bersama-sama mengoptimalkan potensi diri dan potensi bangsa ini di sektor agribisnis. Hal ini sesuai dengan tema beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food yaitu Merajut Asa, Membangun Bangsa, Jelajah Indonesia,” ucapnya.
 
Seorang penerima Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food tahun 2019, Yayan Sutisna, mengatakan bahwa ilmu dan pengalaman yang ia dapat selama masa perkuliahan sangat berguna dalam profesinya.
 
Yayan yang dulu memilih Program Studi Teknologi Pengolahan Sawit di ITSB, kini telah bekerja di Sinar Mas Agribusiness and Food sebagai Mill Assistant di Sungai Kikim Mill, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.
 
“Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat, terutama mengenai industri kelapa sawit. Saya tidak hanya mempelajari teori di dalam kelas, tetapi juga mendapatkan pengalaman lapangan ketika melakukan praktik kerja di perkebunan perusahaan," katanya.

Baca juga: Cegah Karhutla dampak el nino, Sinar Mas perkuat kolaborasi dan pemanfaatan teknologi
 
Pengalaman tersebut sangat bermanfaat bagi dia dalam menjalani profesi saat ini, yang mana harus memastikan mutu produk pengolahan kelapa sawit di Sungai Kikim Mill.
 
Yayan mengatakan, dirinya sangat bangga dapat langsung memulai karier di Sinar Mas Agribusiness and Food setelah menjalani program beasiswa.
 
Ia senang keahliannya dapat turut mendukung penyediaan bahan pangan serta bahan bakar ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia dan global.
 
“Saya harap program beasiswa ini terus berjalan guna memberi kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk mengenyam pendidikan lebih lanjut,” ujar pria asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.
 
Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2024 mengajak lebih banyak generasi muda untuk mewujudkan mimpi. Pendaftaran masih dibuka hingga 31 Maret 2024.
 
Selain lulusan SMA atau sederajat, syarat utama lainnya bagi calon pendaftar yaitu usia maksimal 20 tahun, tinggi badan minimal 165 cm, serta tidak buta warna, total maupun parsial.
 
Tahun ini, para pendaftar akan dibantu Siera, asisten chatbot dalam memproses pendaftaran hingga menjawab pertanyaan. Simak cara pendaftaran serta informasi lainnya yang lebih lengkap di https://www.smart-tbk.com/daftar-beasiswa/.

Baca juga: Sinar Mas kenalkan praktik pengelolaan sawit berkelanjutan

Baca juga: Dari keripik hingga VCO, petani kelapa wujudkan nilai tambah produk