Kontroversi kalguksu kembali muncul usai Minji NewJeans berkomentar

id kalguksu ,Minji NewJeans

Kontroversi kalguksu kembali muncul usai Minji NewJeans berkomentar

Minji dari grup idola NewJeans. (ANTARA/Instagram.com @newjeans_official)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu anggota dari grup idola NewJeans, yakni Minji kembali mendapat komentar beragam dari warganet setelah setahun lalu dirinya terlibat dalam kontroversi kalguksu, yang akhirnya muncul kembali di awal bulan ini karena komentar Minji dalam siaran langsungnya. 
 
The Korea Times, Kamis waktu Korea Selatan, melaporkan kontroversi kalguksu yang melibatkan Minji NewJeans telah memicu perdebatan di kalangan warganet. Kontroversi ini kembali muncul baru-baru ini, hampir setahun setelah kejadian awal dan membuat Minji NewJeans meminta maaf. 
 
Hal ini bermula dari momen yang terlihat tidak berbahaya dalam video YouTube yang dirilis pada Januari 2023. Saat itu, Minji diam-diam bertanya pada dirinya sendiri dalam bahasa Korea, "Apa itu kalguksu?"

Baca juga: Jeon Soyeon dan Cube Entertainment minta maaf terkait kontroversi plagiarisme
 
Kalguksu adalah hidangan khas Korea Selatan berupa mie dari tepung terigu yang dipotong pisau dan disajikan dengan kaldu serta bahan lainnya. Menu ini termasuk makanan yang sering ditemui di berbagai restoran Korea.
 
Pernyataan Minji tentang hidangan populer tersebut memicu perdebatan apakah dia berpura-pura tidak tahu agar dilihat sebagai "gadis mewah" yang tidak terbiasa dengan makanan orang biasa.
 
Setelah semua keributan itu, Minji akhirnya membahas masalah ini saat siaran langsung dengan semua anggota NewJeans pada 2 Januari 2024 lalu.
 
“Apa menurutmu saya tidak tahu apa yang ada di kalguksu? Tolong dipikir-pikir lagi. Saya bilang saya tidak tahu karena saya benar-benar tidak tahu (apa yang ada di kalguksu). Tahukah kamu tentang semua jenis kalguksu dan bahan-bahannya?" kata Minji saat itu.
 
Terlepas dari upayanya untuk mengklarifikasi masalah itu, beberapa warganet masih berkomentar negatif terhadapnya karena Minji terdengar telah menggunakan "nada yang tajam dan kesal". Oleh karena itu, Minji kembali meminta maaf secara terbuka melalui aplikasi komunikasi penggemar, yakni Phoning.
 
“Saya minta maaf atas sikap buruk saya pada siaran langsung pada 2 Januari yang membuat pemirsa merasa tidak nyaman,” tulis Minji.
 
Dia menambahkan, “Sebagai seorang picky eater (pemilih makanan) yang belum pernah mencoba kalguksu, tanpa sengaja saya berkata, 'apa itu kalguksu?' ketika saya memikirkan tentang jenis dan rasanya. Saya hanya berbicara pada diri saya sendiri, jadi saya tidak tahu akan ada kesalahpahaman,” tulisnya.

Baca juga: Timbulkan kontroversi, Pemprov DKI diminta kaji acara Miyabi
 
Dia juga menyebutkan keraguan awalnya untuk mengklarifikasi kesalahpahaman tersebut. Awalnya, dia berpikir masalah ini akan mereda seiring berjalannya waktu.
 
Namun, kesalahpahaman ini tidak berhenti dibicarakan dan membuat Minji terganggu hingga merasa frustrasi. Dia pun memutuskan untuk mengklarifikasi hal itu dan meminta maaf.
 
“Namun, saya sangat merenungkan diri saya sendiri karena telah mengecewakan kalian dengan sikap saya yang tidak dewasa. Ke depannya, saya berkomitmen untuk lebih berhati-hati agar tidak terulang kembali " kesalahan yang sama,” tulisnya.
 
Permintaan maaf Minji telah memecah opini publik, dengan beberapa orang mengklaim bahwa dia tidak perlu meminta maaf atas masalah sepele seperti itu. Banyak yang bersimpati dengan Minji karena dirinya adalah bintang K-pop yang dituntut untuk selalu menjaga tingkah lakunya.

Baca juga: Tuai kontroversi, Suga BTS rilis ulang mixtape 'What Do You Think?'
 
“Sepertinya hidup sebagai bintang K-pop sangat menuntut,” komentar salah seorang warganet.
 
Warganet lain menulis, "Dia telah menjadi korban 'kontroversi kalguksu' selama setahun dan itulah mengapa dia berbicara seperti itu. Saya tidak mengerti apa masalahnya,” kata mereka.
 
Namun, ada juga warganet yang berpendapat bahwa nada dan sikap Minji terlalu berlebihan dan keputusannya untuk meminta maaf adalah tindakan yang tepat.
 
"Aksen dan nada suaranya cukup agresif di siaran langsung (walaupun dia sedang mengklarifikasi). Itulah sebabnya dia harus meminta maaf,” tulis seorang warganet.