Bayer Leverkusen ke semifinal Piala Jerman usai kalahkan Stuttgart

id Bayer Leverkusen,kalahkan,VfB Stuttgart,lolos ,semifinal,piala jerman

Bayer Leverkusen ke semifinal Piala Jerman usai kalahkan Stuttgart

Bek Bayer Leverkusen Jonathan Tah (kedua dari kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang VfB Stuttgart pada pertandingan perempat final Piala Jerman 2023/2024 di BayArena, Leverkusen, Selasa (6/2/2024). (ANTARA/AFP/ROBERTO PFEIL)

Jakarta (ANTARA) - Jonathan Tah mencetak gol pada menit ke-90 untuk mengantar Bayer Leverkusen ke semifinal Piala Jerman, dengan kemenangan 3-2 atas tamunya VfB Stuttgart di BayArena, Selasa setempat atau Rabu dini hari WIB.

Pemuncak klasemen Liga Jerman Leverkusen dua kali bangkit dari ketertinggalan, untuk akhirnya mengamankan kemenangan pada fase akhir pertandingan perempat final. Ini merupakan ketiga kalinya dalam lima pertandingan terakhir Leverkusen baru mampu mengamankan kemenangan menjelang laga usai.

Pelatih Leverkusen Xabi Alonso tidak dapat menahan kegembiraan saat melihat timnya semakin mendekati raihan gelar.

“Terkadang kami menang dengan kendali, struktur, dan stabilitas, namun hari ini kami menang dengan hati, jiwa, dan itu juga sangat penting,” kata Alonso seperti dikutip dari AFP.

Kemenangan itu akan mendorong kepercayaan diri tim Leverkusen menjelang pertandingan melawan Bayern Munich yang akan dimainkan pada Sabtu (10/2). Bayern saat ini tertinggal dua poin dari Leverkusen.

Dengan Leverkusen dan Stuttgart menjadi dua dari tiga tim perempat finalis yang berasal dari divisi teratas, maka Piala Jerman musim ini menyediakan peluang besar untuk memenangi trofi. Khususnya setelah Bayern, Borussia Dortmund, dan juara bertahan RB Leipzig tersingkir lebih awal.

Stuttgart yang berada di posisi ketiga klasemen sementara, memerlukan kemenangan playoff dua leg untuk dapat bertahan di Liga Jerman musim lalu. Namun mereka justru berhasil unggul lebih awal.

 Waldemar Anton mengungguli bek tengah Edmond Tapsoba untuk menanduk bola dari situasi tendangan sudut, dan membawa tim tamu memimpin pada menit ke-11.

Leverkusen mengalami kesulitan untuk mengatasi permainan menekan Stuttgart. Mereka baru mampu menyamakan kedudukan setelah turun minum, tepatnya pada menit ke-55 melalui tembakan jarak jauh Robert Andrich.

Stuttgart merestorasi keunggulan satu gol mereka pada menit ke-58. Permainan menekan mereka membuat tuan rumah melakukan kesalahan yang dimaksimalkan dengan sepakan melengkung Chris Fuerch.

Alonso yang merasakan potensi kekalahan perdana dari 30 pertandingan musim ini kemudian memasukkan Amine Adli, yang baru membela Maroko di Piala Afrika. Adli membalas kepercayaan sang pelatih dengan memaksimalkan assist Florian Wirtz untuk dikonversi menjadi gol penyama kedudukan pada menit ke-66.

Wirtz lantas memberikan assist lainnya pada menit ke-90. Kali ini kepada Tah yang tidak terkawal di depan gawang, untuk menjaga harapan Leverkusen memenangi tiga trofi tetap hidup.

Pada Rabu, juara Piala Jerman tiga kali Borussia Moenchengladbach akan bertemu tim strata kedua Saarbruecken. Saarbruecken berstatus tim pembunuh raksasa pada musim ini, setelah mereka menaklukkan Bayern dan Eintracht Frankfurt.

Pemenang pertandingan itu akan bergabung dengan tim divisi kedua Fortuna Dusseldorf dan Kaiserslautern di empat besar.


Daftar susunan pemain:

Bayer Leverkusen: Matej Kovar, Edmond Tapsoba, Jonathan Tah, Piero Hincaple, Jeremie Frimpong, Robert Andrich, Granit Xhaka, Alex Grimaldo, Jonas Hofmann, Florian Wirtz, Patrik Schick

Pelatih: Xabi Alonso
 

VfB Stuttgart: Alexander Nubel, Anthony Roualut, Waldemar Anton, Hiroki Ito, Josha Vagnoman, Atakan Karazor, Angelo Stiller, M Mittelstadt, Enzo Millot, Chris Fuhrich, Deniz Undaz

Pelatih: Sebastian Hoeness