Pemkab Kapuas perketat data P3KE dan DTKS

id Pemkab Kapuas perketat data P3KE dan DTKS, kalteng, kapuas, pemkab kapuas

Pemkab Kapuas perketat data P3KE dan DTKS

Asisten II Setda Kapuas, Salman memimpin rapat koordinasi Verifikasi Data P3KE dan DTKS Kabupaten Kapuas, didampingi Kepala Dinas Sosial Kapuas Yan Marto di Aula Kantor DPMD Kapuas, Senin (26/2/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Asisten Perekonomian da Pembangunan  Setda Kapuas, Kalimantan Tengah, Salman, memperketat verifikasi Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Kapuas dengan lebih teliti.

“Verifikasi data ini sangatlah penting dan harus diperhatikan secara teliti agar sesuai dengan penerima bantuan,” kata Salman di Kuala Kapuas, Senin.

Hal itu disampaikannya, saat memimpin rapat koordinasi dalam rangka verifikasi data P3KE dan DTKS Kabupaten Kapuas di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat.

Rapat juga dihadiri Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas Yan Marto serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Kapuas Andi Anjayani, jajaran OPD terkait, camat, dan lurah/kepala desa di kabupaten setempat

Baca juga: Pemkab Kapuas susun RKPD 2025

"Ini adalah rapat yang sangat penting, karena kita berbicara dan membahas tentang data-data yang kita punya, jadi jangan sampai ada data-data dari masyarakat yang tidak tepat,” katanya.

Data ini, sambungnya, jika nanti sudah benar-benar valid, maka kebijakan yang akan dijalankan terkait pemberian bantuan bisa tepat sasaran. Selain itu untuk kebijakan-kebijakan lain yang memerlukan data valid itu bisa dicari dengan mudah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Yan Marto, mengatakan bahwa DTKS ini merupakan data yang menjadi sebuah dasar dari pelaksanaan layanan sosial, oleh karena semua kegiatan sosial harus berbasiskan dari DTKS.

Hal yang menjadi alasan data-data ini penting, kata dia, adalah agar penyaluran bantuan sosial dapat tetap sasaran dan tepat jumlah.

“Mari salurkan bantuan kepada yang betul-betul membutuhkan dan harus tepat sasaran, oleh karenanya dibutuhkan data yang betul-betul valid,” demikian Yan Marto.

Baca juga: Bapemperda DPRD Kapuas bahas penyelesaian 14 usulan raperda

Baca juga: DPMD Gunung Mas kunjungan ke Kapuas kaji tiru penanganan batas desa

Baca juga: Belasan perpusdes di Kapuas mendapat bantuan buku