Belasan perpusdes di Kapuas mendapat bantuan buku

id pemkab kapuas, disarpustaka kapuas, perpustakaan kapuas, kuala kapuas, kapuas

Belasan perpusdes di Kapuas mendapat bantuan buku

Kadisarpustaka Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat beserta jajaran, Kuala Kapuas, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/HO-Disarpustaka Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Sebanyak 14 perpustakaan desa (perpusdes) yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, akan menerima bantuan masing-masing 1.000 buku beserta rak penyimpanan.
 
“Ke-14 perpusdes itu tersebar di Kecamatan Selat, Kapuas Hilir, Kapuas Timur, Basarang, Bataguh Mantangai, Kapuas Barat dan Pulau Petak,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan (Disarpustaka) Kapuas, Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Rabu.
 
Dia juga menyampaikan jika dirinya minggu lalu juga telah menyampaikan proposal permohonan mobil dan motor perpustakaan kelilingke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jakarta.
 
Selain mendapat bantuan dari Perpusnas, pemerintah kabupaten setempat melalui Disarpustaka Kapuas, juga akan memberikan bimbingan teknis (bimtek).

Baca juga: Pengawas sekolah di Kapuas diminta tingkatkan pendampingan
 
Bimtek yang diberikan kepada perpusdes itu, lanjutnya, terkait pengusulan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), akreditasi, pengelolaan dan pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), agar semakin tumbuh dan berkembang budaya literasi.
 
Dirinya optimis terjadi peningkatan budaya literasi di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat di Kapuas. Hal ini dikarenakan Pemkab Kapuas dan Bunda Literasi memberi perhatian tinggi dalam perubahan filosofi Perpustakaan TPBIS.
 
“TPBIS bertujuan agar terjadi peningkatan budaya literasi melalui pemasyarakatan kegemaran membaca, penguatan konten literasi dan transformasi perpustakaan melalui peningkatan akses dan kualitas layanan berbasis inklusi sosial bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter,” tuturnya.
 
Ditambahkannya, pengukuhan Bunda Literasi 17 kecamatan, aplikasi iKapuas dan Kartu Sakti yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu juga merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah setempat dalam mencapai tujuan TPBIS.

Baca juga: Pemkab Kapuas prioritaskan peningkatan infrastruktur pertanian

Baca juga: Pemkab Kapuas programkan bantuan bibit tanaman untuk Sekolah Penggerak

Baca juga: Calon haji tetap harus divaksin COVID-19