Peringati HUT ke-105, DPRD Palangka Raya minta Damkar terus berinovasi

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, kalteng, hut damkar, damkar 105 tahun

Peringati HUT ke-105, DPRD Palangka Raya minta Damkar terus berinovasi

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat ditemui baru-baru ini. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mendorong sekaligus meminta Dinas Pemadam Kebakaran di wilayah setempat, tetap konsisten dan berinovasi dalam menjaga keamanan maupun keselamatan warga serta harta benda pada saat terjadinya kemalangan atau kebakaran.

Permintaan itu karena Damkar adalah garda terdepan yang siap menghadapi tantangan dan risiko demi keamanan seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, kata Sigit saat diminta tanggapan terkait peringatan Hari Ulang Tahun Damkar ke-105 di Palangka Raya, Jumat.

"Mereka juga bekerja 24jam dalam seminggu yang selalu sedia ketika ada situasi genting. Jadi, saya mengucapkan selamat HUT ke-105 kepada seluruh Damkar dimanapun berada, termasuk di Palangka Raya," kata dia.

Dikatakan, jika perjalanan Damkar selama 105 tahun telah melibatkan banyak pahlawan yang berjuang tanpa kenal lelah. Bahkan, para petugas Damkar juga berkomitmen untuk menjaga kota dari ancaman api dan memberikan pelayanan yang cepat dan efisien.

Sigit pun mencontohkan, salah satu upaya Damkar Kota Palangka Raya menjaga keselamatan masyarakat, melalui pemeriksaan terhadap gedung-gedung yang harus memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Seperti yang dilakukan Damkar Kota Palangka Raya pada gedung Bank Indonesia beberapa waktu lalu. Damkar menjadi pengawas untuk penempatan APAR yang harus disediakan pihak Bank Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Dukung UMKM berkembang, Kelurahan Langkai sediakan 100 lapak di pasar Ramadhan

Untuk itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng itu pun berharap, agar Damkar dapat terus berinovasi dan memperkuat kapasitasnya, sehingga dapat menghadapi tantangan masa kini dan mendatang.

"Saya kira dengan inovasi-inovasi baru, petugas nantinya akan bisa memilik keterampilan yang lebih dalam mengefektifkan cara pemadaman lebih memangkas waktu, sehingga meminimalkan  risiko kerugian," demikian Sigit.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan peran kader posyandu cegah stunting

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-Baznas kolaborasi penanganan kemiskinan ekstrem

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital siswa SMA