Dukung UMKM berkembang, Kelurahan Langkai sediakan 100 lapak di pasar Ramadhan

id Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kelurahan Langkai, kalteng, lurah langkai, Sri Wanti, pasar Ramadhan di kelurahan langkai

Dukung UMKM berkembang, Kelurahan Langkai sediakan 100 lapak di pasar Ramadhan

Lurah Langkai Sri Wanti. ANTARA/Dokumentasi Sri Wanti.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, melalui Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, menyediakan sebanyak 100 lapak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dalam menyambut bulan ramadhan tahun ini.

Pasar Ramadhan yang menyediakan 100 lapak yang akan dilaksanakan di Jalan Ais Nasution itu rutin dilaksanakan setiap tahun, kata Lurah Langkai Sri Wanti, di Palangka Raya, Jumat.

"Tahun ini lapaknya meningkat sekitar 20 lapak jika dibandingkan tahun 2023. Itu kami lakukan karena ingin terlibat aktif mendukung berkembangnya UMKM," ucapnya.

Dirinya pun mengajak seluruh UMKM di Kota Palangka Raya, untuk dapat segera berpartisipasi dalam Pasar Ramadhan. Pasalnya, untuk dapat berpartisipasi, pelaku UMKM hanya diminta untuk menyerahkan KTP dan membayar sewa lapak sebesar Rp 900 ribu per lapak.

"Hingga saat ini, pelaku UMKM yang telah mendaftar di Pasar Ramadhan Kelurahan Langkai, sebanyak 10 orang. Jadi masih banyak slot bagi pelaku UMKM yang ingin mendaftar," ucapnya.

Dijelaskannya, pengelolaan Pasar Ramadhan tersebut nantinya akan dikelola oleh Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) Langkai. Bahkan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi bersama BPJS Ketenagakerjaan, untuk dapat memberikan perlindungan bagi pelaku UMKM yang menjadi peserta di Pasar Ramadhan Kelurahan Langkai.

Pembukaan Pasar Ramadhan tersebut, nantinya akan dibuka secara langsung oleh Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, yang akan dilaksanakan di kantor Kelurahan Langkai, di Jalan Putri Junjung Buih.

"Kalau tahun lalu, semua UMKM yang jadi peserta itu dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jadi ketika terjadi sesuatu hal pada saat berjualan, seburuk-buruknya sampai meninggal dunia, akan ada santunan bagi ahli warisnya," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan peran kader posyandu cegah stunting

Sementara itu, Ketua LKK Langkai, Kota Palangka Raya, Yusen menambahkan, jika pengelolaan parkir di kawasan Pasar Ramadhan Kelurahan Langkai, pihaknya akan memberdayakan organisasi masyarakat (Ormas), yakni Gerdayak. Selain itu, dilibatkan juga juru parkir yang ada di kawasan tersebut. 

"Intinya saya ingin Pasar Ramadhan ini menjadi berkah untuk semua pihak. Sehingga momen bulan suci Ramadhan ini tidak hanya dirasakan oleh umat muslim saja, tetapi seluruh masyarakat," demikian Yusen.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-Baznas kolaborasi penanganan kemiskinan ekstrem

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital siswa SMA

Baca juga: Jaga fungsi drainase cegah banjir di Palangka Raya